Tim PKM FMIPA Lolos PIMNAS 2021 Foto Bersama Pembimbing dan Pimpinan Fakultas di depan Gedung A FMIPA

FMIPA UNS – Sebanyak tujuh Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021.

Salah satu diantara tujuh tim tersebut membahas tentang Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa dari Tandan Kosong Kelapa Sawit Terdoping Ag+ sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran COVID-19: Sintesis dan Analisis Komputasi. Material pelapis tersebut terbuat dari selulosa limbah tandan kelapa sawit yang ditambahkan dengan kitosan dan agen virus ion perak. Pelapis antivirus ini dapat diaplikasikan pada permukaan benda seperti gagang pintu, tombol lift, pegangan tangan dan lainnya sehingga dapat menggantikan penggunaan desinfektan.

Dibawah bimbingan Dr. rer. nat. Maulidan Firdaus, S.Si., M. Sc., Nurani Alawiyah, Jeesica Hermayanti, dan Achmad Nurul Yaqin menciptakan produk berupa material pelapis antivirus. Melalui penelitian inovatifnya ini, Nuraini dan tim memperoleh pendanaan sebesar Rp 9,5 juta dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek RI). Selain itu, penelitian ini juga sedang diajukan sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan akan dipublikasi di konferensi SANREM 201 di Universiti Malaysia, Sabah.

Enam kelompok PKM lain yang mengikuti ajang PIMNAS adalah Pemurni Udara berbasis Minyak Inti Sawit dan Karbon Aktif Tandan Kosong Kelapa Sawit untuk Pencegahan Penularan COVID-19 dibawah bimbingan Dr.rer.nat. Maulidan Firdaus, M.Sc. dengan ketua tim Ailsa Rahma Yunita.

Presentasi PKM di ajang PIMNAS ke-34 tahun 2021 dilakukan secara daring di Laboratorium Komputasi FMIPA UNS Kamis (28/10/2021)

Kelompok PKM ketiga yang lolos PIMNAS dengan judul Pengaruh Penambahan Logam Tembaga dan Campuran Dye Klorofil dengan Antosianin Untuk Peningkatan Transpor Elektron Dye-Sensitized Solar Cell dibawah bimbingan  Dr. Fahru Nurosyid, S.Si., M.Si.dengan ketua tim Muhammad Rofigh Munandar.

Kelompok keempat dengan judul Fabrikasi Membran Polimer Elektrolit Polivinilidenfluorida/Kitosan Tersulfonasi Untuk Aplikasi Fuel Cells Dengan Kinerja Tinggi dibawah bimbingan Dr. Edi Pramon, M.Si     dengan ketua tim Muharom Bagaskara.

Kelompok kelima dengan judul  Liposom Hidrogel : Inovasi Plester Nano Kombinasi Umbi Bidara Upas dan Daun Sirih Merah Untuk Terapi Luka diabetes dengan ketua tim   Inna Zuhriah Zain dibawah dosen pembimbing apt. Rita Rakhmawati, S. Farm, M.Si.

Kelompok keenam dengan judul Komposit Polimer Terlapisi Etil Selulosa Nanopartikel Dari Limbah Kertas Sebagai Alternatif Material Membran Extracorporeal Oxygenator Bagi Pasien Covid-19 dibawah dosen pembimbing Dr.rer.nat. Witri Wahyu L., M.Sc. dengan ketua tim Jeesica Hermayanti Pratama.

Kelompok ketujuh dengan judul  Aplikasi Kitosan dari Kulit Udang sebagai Bahan Modifikasi Nanopartikel Silika Mesopori untuk Penghantar Obat Kanker yang Responsif Terhadap pH dibawah bimbingan dosen Dr.rer.nat. Fajar R. Wibowo, M.Si. dengan ketua tim Wahyu Nur Safitriono.

Harapannya, dari tujuh tim yang tampil di ajang PIMNAS ke-34 ada tim yang memperoleh juara dan membawa pulang medali. Salah satu pembimbing PKM, Dr. Maulidan Firdaus ketika ditemui tim mipa.uns.ac.id Kamis (28/10/2021) di sela-sela presentasi secara daring di laboratorium komputasi FMIPA merasa optimis bahwa tim PKM FMIPA yang tampil di ajang PIMNAS akan memberikan hasil yang maksimal. [MnR/MIPA]