FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menjalin kerjasama dalam rangka memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kali ini Perjanjian Kerjasama (PKS) dilakukan dengan pihak swasta, SuperMap Indonesia. SuperMap adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang layanan Geographic Information System (GIS) dengan empat basis bisnis, yaitu platform software, application software, cloud service dan international business.

Penandatanganan PKS dilakukan pada hari Kamis (18/11/2021) bertempat di Kantor SuperMap Indonesia yang beralamat di Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Adapun maksud dan tujuan dari perjanjian ini adalah menjalin dan membangun hubungan antara pihak swasta dan perguruan tinggi sehingga dapat mendukung kegiatan pengembangan sumber daya manusia di bidang sistem informasi geospasial demi terciptanya bibit sumber daya manusia yang berkualitas.

Perjanjian Kerjasama ditandatangani oleh masing-masing pihak, dari FMIPA UNS ditandatangani oleh Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D., sementara dari SuperMap Indonesia ditandatangani oleh Danang Dwi Nugroho, S.T. selaku Business Development SuperMap Software Co., Ltd.

Dekan FMIPA berharap Kerjasama ini bisa memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang selama satu semester di lembaga atau industri seperti SuperMap Indonesia untuk mensukseskan program MBKM.

Sementara dari SuperMap Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh Nikma Fista Safrina selaku Regional Manager SuperMap Indonesia sangat mendukung program yang disampaikan oleh FMIPA UNS, dan berharap bisa memberi support kepada perguruan tinggi berupa fasilitas laboratorium, kegiatan training baik bagi dosen maupun mahasiswa terutama dalam bidang kehutanan dan lingkungan. SuperMap Indonesia sangat terbuka untuk bekerjasama dan berkolaborasi baik dengan pihak pemerintah maupun swasta. [MnR/MIPA]