Dr. Pudji Ismartini (Direktur Diseminasi Statistik BPS) dan Adhi Wiriana (Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah) menyematkan PIN kepada Agen Statistik pada acara Launching Pojok Statistik di FMIPA UNS senin (20/12/2021)

FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta punya Pojok Statistik, dimana keberadaannya merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Peresmian Pojok Statistik dilakukan oleh Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini didampingi Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Adhi Wiriana, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto dan Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph.D pada hari Senin (20/12/2021) di Aula Gedung C FMIPA UNS.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana mengatakan Pojok Statistik ini merupakan terobosan dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya Pojok Statistik kecepatan memperoleh data  dicapai, ketika mengakses data menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Keberadaan Pojok Statistik di Fakultas MIPA UNS bukan tanpa alasan, karena menurut Adhi Wiriana, pengguna data statistik terbesar adalah kalangan akademik, angkanya bisa mencapai 58 persen.

“Sudah kami petakan bahwa 58 persen pengguna data statistik di Jateng adalah kalangan mahasiswa dan sivitas akademika. Maka tidak salah jika keberadaan Pojok Statistik kami tempatkan di kampus, dan di UNS ini merupakan yang pertama di Jawa Tengah,” terang Adhi.

Sementara itu Dr. Pudji Ismartini selaku Direktur Diseminasi Statistik BPS mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada tujuh Pojok Statistik di Indonesia. “Tahun depan kami targetkan semua provinsi ada Pojok Statistik minimal satu. Dan selama ini respon perguruan tinggi sangat baik, karena memang kebutuhan data di perguruan tinggi cukup tinggi. Semoga dengan hadirnya Pojok Statistik ini dapat mendekatkan BPS ke mahasiswa dan akademisi sebagai segmen terbesar mengguna data BPS,” ujar Dr. Pudji.

Dr. Pudji juga menambahkan bahwa hadirnya Pojok Statistik merupakan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BPS dalam penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik yang dihasilkan oleh BPS di lingkungan Perguruan Tinggi. Melalui Pojok Statistik, diharapkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan Perguruan Tinggi meningkat. Pojok Statistik ini juga dalam rangka untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Foto Bersama di Ruang Pojok Statistik FMIPA UNS. Dari kiri ke kanan, Dr. Pudji Ismartini (Direktur Diseminasi Statistik BPS), Adhi Wiriana (Kepala BPS Jawa Tengah), Harjana, Ph.D (Dekan FMIPA), dan Dr. Sutanto (Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS)

Sementara itu, Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D mengatakan sangat bangga karena bisa menjadi bagian dari Pojok Statistik dari BPS. Ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama BPS Jateng dengan UNS khususnya FMIPA yang memiliki Prodi Statistik.

“Kami sangat bahagia karena bisa menjadi central pembelajaran statistik di Solo khususnya dan di Jateng pada umumnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada tim BPS Jateng yang sangat berperan aktif dalam mewujudkan Pojok Statistik di FMIPA UNS,” kata Harjana.

Persiapan pengadaan layanan pojok statistik di UNS telah dilakukan beberapa kali. Dengan adanya kerjasama yang baik antara BPS Provinsi Jateng, BPS Kota Solo, dan FMIPA UNS, akhirnya pojok statistik telah berhasil di bangun di lantai 1 Gedung B FMIPA UNS.

Bersamaan dengan launching Pojok Statistik, juga dilantik agen statistik yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak diseminasi data statistik di UNS khususnya serta masyarakat Solo dan sekitarnya pada umumnya. Bertindak sebagai agen statistik dari UNS adalah staf akademik Prodi Statistika FMIPA UNS, mahasiswa Prodi Statistika dan Prodi Matematika FMIPA UNS. Pojok Statistik di UNS merupakan layanan bagi seluruh civitas academika UNS yang memerlukan data dan segala informasi yang berkaitan statistika.

Dalam rangkaian kegiatan Launching Pojok Statistik ini, juga dilakukan Kuliah Umum oleh Pudji Ismartini dengan tema Perkuat Statistik, Percepat Pemulihan Jawa Tengah dan pengukuhan agen statistik UNS. [MnR/MIPA]