FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali meraih juara umum Green Campus tahun 2021 tingkat universitas, setelah beberapa tahun terakhir terlepas dari FMIPA. Penyerahan hadiah berupa piala dan piagam dilakukan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho dan diterima oleh Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D pada acara upacara Dies Natalis UNS ke-46 di halaman Gedung Rektorat dr. Prakosa, Kamis (10/3/2022).

Kriteria penilaian Green Campus meliputi Infrastruktur, energy, waste, water, transportation, dan education. Dari semua kategori, Fakultas MIPA berhasil memperoleh point tertinggi, sehingga berhak atas gelar juara umum. Untuk infrastruktur, saat ini Fakultas MIPA telah memiliki taman yang cukup baik dan representative serta fasilitas disabilitas disetiap gedung yang memadai. Fakultas MIPA juga berkomitmen melakukan kegiatan terkait lingkungan yang mendukung pembangunan berkelanjutan di kampus dengan mengalokasikan anggaran yang cukup.

Untuk mendukung penghematan energi, Fakultas MIPA juga dilengkapi dengan komponen smart building diantaranya adalah lampu sensor dan kran sensor. Sebagian gedung juga sudah  menggunakan energi alternatif seperti solar cell.

Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, Ph.D merasa senang dan bangga atas raihan prestasi sebagai Juara Umum Green Campus dan mengucapkan terimakasih kepada civitas akademika dan tenaga kependidikan FMIPA  serta semua pihak yang telah ikut peduli dalam menjaga lingkungan sehingga mengantarkan Fakultas MIPA meraih prestasi yang membanggakan.

“Saya selaku pribadi dan pimpinan Fakultas mengucapkan selamat dan terimakasih kepada sivitas akademika dan tenaga kependidikan FMIPA atas prestasi menjadi juara umum Green Campus 2021, semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dengan meningkatkan kepedulian kita terhadap kampus yang kita cintai ini,” ujar Dekan

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa green campus tidak hanya masalah tempat yang nyaman, bersih dan hijau, tetapi yang lebih penting kesadaran dan kepedulian dalam memelihara kelestarian lingkungan. [MnR/MIPA]