FMIPA UNS – Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh penghargaan sebagai Inventor dan Kreator terproduktif tingkat Universitas kategori paten. Dia adalah,  Dr. Eng. Hendri Widiyandari, S.Si., M.Si., dosen pada Program Studi Fisika FMIPA UNS.  Penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum pada upacara peringatan Dies Natalis ke-46 UNS di halaman Kantor Pusat dr. Prakosa pada hari Kamis (10/3/2022).

Hendri sendiri tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan terproduktif bidang paten ini. Namun demikian, dia mengucapkan terimakasih kepada tim, rekan dosen dan mahasiswa yang telah bekerja cerdas, tuntas dan ikhlas hingga dia berhasil memperoleh pengharagaan tersebut. Karena sadar, apa yang sudah diterima bukan kerja sendiri, namun kerja tim.

“Saya tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan terproduktif bidang paten ini, semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi saya pribadi untuk terus berkarya,” ujar Hendri ketika dihubungi tim mipa.uns.ac.id sesaat setelah pemberian penghargaan.

Tidak lupa Hendri juga berpesan untuk bekerja, berkarya dan tidak lupa untuk hahagia. Berkaitan dengan penghargaan yang dia peroleh, Hendri mendorong kepada siapa saja untuk memberi perlindungan atas temuan atau invensi dalam bentuk paten, hak cipta, merek dan lain-lain.

“Menurut saya penting bagi kita untuk memberi perlindungan atas temuan atau invensi kita, dalam bentuk pengajuan paten, hak cipta, merek dan lain-lain,” pungkas Hendri. [MnR/MIPA].