FMIPA UNS – Keluarga Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (KAFMIPA UNS) menyelenggarakan Launching Teras Solusi, Program Alumni Hub, dan Program Alumni Calling pada hari Sabtu (26/03/2022). Acara diselenggarakan secara luring dan daring. Secara luring diselenggarakan di Gedung Alumni FMIPA UNS sementara secara daring melalui kanal youtube Fakultas MIPA UNS dan aplikasi zoom cloud meeting. Acara ini dilaksanakan pada siang hari mulai pukul 13.00 WIB s/d pukul 15.30 WIB dan dihadiri oleh beberapa undangan diantaranya Dekan dan Wakil Dekan FMIPA UNS, Kepala Program Studi di Lingkungan FMIPA UNS, Pengurus IKA UNS Pusat, Pengurus KAFMIPA UNS dan beberapa tamu undangan lainnya.

Peresmian Teras Solusi, Program Alumni Hub, dan Program Alumni Calling ditandai  dengan pemotongan pita oleh Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. dan Ketua Umum KAFMIPA, Imam Bustomi, S.Si., M.M. Dalam sambutannya Dekan berharap bahwa dengan adanya gedung alumni dan peresmian alumni hub ini, dapat mengoneksikan tiga hal utama yaitu menjadi pusat administrasi bagi alumni, pusat kreativitas mahasiswa, dan pusat dalam mengkader mahasiswa untuk terus berkembang dengan menghasilkan produktivitas yang maksimal. Disamping itu juga mampu menciptakan lulusan sesuai dengan keinginan orang tua, menjadi bangunan yang dapat menciptakan nostalgia akan kampus, dan memberikan solusi bagi setiap orang yang datang.

“Saya berharap dengan adanya gedung alumni dan peresmian alumni hub ini, dapat mengoneksikan tiga hal utama yaitu menjadi pusat administrasi bagi alumni, pusat kreativitas mahasiswa, dan pusat dalam mengkader mahasiswa untuk terus berkembang dengan menghasilkan produktivitas yang maksimal,” ujar Drs. Harjana

Acara dilanjutkan dengan talkshow menhadirkan dua orang pembicara yang luar biasa yaitu Imam Bustomi, S.Si., M.M. (Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental sekaligus Ketua Umum KAFMIPA UNS) dan Paiman, S.Si. (Presiden Direktur PT Dobel Network International sekaligus Ketua Umum Yayasan Keluarga Alumni Fakultas MIPA UNS). Talkshow kali ini mengusung tema “Alumni Calling: Langkah Alumni dan Kampus Membentuk MIPA yang Bersinergi”.

Diskusi pada talkshow sangat menarik karena mengulik tentang pemberian nama Teras Solusi yang diusulkan oleh Imam Bustomi. Imam menginginkan di teras solusi bisa menciptakan suasana senang dan nyaman, sehingga ketika sudah datang mereka akan malas bergerak, yang dilakukan adalah bekerja dan berdiskusi untuk menghasilkan atau memberikan solusi.

Sementara itu, Paiman juga menjelaskan konsep dari Alumni Calling, di mana program ini memiliki tujuan untuk memanggil kembali alumni untuk turut serta membangun almamater yang diharapkan dapat membangun kolaborasi antara mahasiswa dan alumni untuk dapat menciptakan ide-ide baru yang luar biasa. Hal ini sangat didukung oleh pihak fakultas, seperti yang disampaikan oleh Dekan FMIPA UNS, bahwasanya adanya Gedung Alumni ini merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa dan alumni.

Acara ini terselenggara tidak lepas dari dukungan semua pihak yang telah turut membantu mulai dari alumni, mahasiswa dan jajaran pimpinan di lingkungan FMIPA UNS dan juga berkat dukungan dari PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo). [MnR/MIPA]