FMIPA UNS – Keluarga Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KAFMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Special Talkshow dengan tema “Sinergi Alumni dan Mahasiswa Fakultas MIPA UNS” pada hari Selasa (12/4/2022) di Gedung Alumni Hub Fakultas MIPA UNS. Acara ini juga dijadikan sebagai sarana mengenalkan Teras Solusi dan Program MBC 2022.

Teras Solusi yang berada di Gedung Alumni Hub  FMIPA UNS adalah bangunan yang menjadi ikon perekat antara mahasiswa dan alumni. Harapanya dengan adanya Teras Solusi ini akan menjadi solusi bagi kita bersama.

“Teras solusi ini akan menjadi tempat berdiskusi, berkarya, dan berkonsultasi serta menjadi tempat yang nyaman dan santai. Desain dari teras solusi disesuaikan biar anak muda atau mahasiswa betah dan senang,” ujar Paiman, S.Si., selaku Ketua Yayasan Alumni FMIPA UNS pada acara talkshow yang dihadiri oleh mahasiswa dan alumni FMIPA UNS.

Lebih lanjut Paiman mengatakan, Teras Solusi juga diharapkan bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara. Bangunan ini untuk kita semua, awal persembahan alumni untuk kita semua. Rencananya setiap bulan akan ada program Alumni Calling. Pada program Alumni Calling akan dihadirkan para alumni yang sudah sukses diberbagai bidang dan berpengalaman. Dari situ akan didapatkan berbagai informasi mulai dari beasiswa bagi yang ingin studi lanjut, dan juga peluang magang di perusahaan  bagi mahasiswa.

Sementara itu, Vendy P. Nugroho, S.Kom selaku Sekretaris Yayasan Alumni FMIPA sekaligus Ketua Pelaksana MICARE Business Coaching (MBC) 2022 mengatakan, selain untuk kegiatan mahasiswa, teras solusi juga akan dimanfaatkan sebagai tempat praktek MBC 2022. Peserta yang lolos seleksi MBC 2022 akan diberi kesempatan untuk mengelola teras solusi selama satu tahun. Harapannya pada tahun kedua sudah bisa membuka cabang di luar.

“Kami akan memberikan kesempatan kepada peserta yang lolos seleksi MBC 2020 untuk mengelola teras solusi ini selama satu tahun, dengan harapan pada tahun kedua mereka sudah bisa buka cabang di luar,” ujar Vendy

Menurut Vendy, MBC 2022 sendiri akan dimulai pertengahan Mei 2022 dengan diawali Business Motivation yang rencananya menghadirkan pembicara handal diantaranya adalah Imam Bustomi, S.Si., M.M selaku Ketua KAFMIPA sekaligus Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental. Setelah Business Motivation selanjutnya akan diadakan acara berkala dan berjenjang mulai dari Business Idea, dimana peserta akan dikumpulkan dan menyampaikan ide bisnis mereka. Baru kemudian dilanjutkan dengan Business Review dimana para peserta harus memilih bisnis yang akan mereka jalankan, dan terakhir adalah Business Execution.

Khairil Ibadu Rahman selaku Presiden BEM FMIPA yang hadir sebagai salah satu pembicara Talk Show mendukung adanya Teras Solusi ini.

“Tempat ini bisa menjadi penunjang untuk diskusi atau acara mahasiwa. Misal dari teman-teman ormawa mau rapat, nongkrong dan sebagainya bisa di sini. Dengan rapat di sini juga bisa menjadi langkah untuk memperkenalkan Teras Solusi serta both-booth makanan yang ada,” kata Khairil. [MnR/MIPA]