Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D menerima penghargaan dari UNS sebagai pemenang Lomba dalam rangka Dies Natalis ke-46 UNS yang diserahkan oleh Prof. Sajidan (Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi) pada Malam Pentas Seni dan Pengumuman Lomba dalam rangka Dies ke-46 UNS di Tower Ki Hadjar Dewantara Jumat (20/5/2022)

FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berhasil memborong kejuaraan pada lomba dalam rangka Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pengumuman lomba dilakukan pada malam Pentas Seni dan Pengumuman Lomba Dies Natalis Ke-46 UNS yang dilangsungkan pada hari Jumat (20/5/2022) di Gedung Tower UNS Ki Hadjar Dewantara. Acara dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Ketua Dies Natalis ke-46 UNS, Prof. Reviono. Selain itu hadir pula Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia, Prof. Bandi; Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Kuncoro Diharjo; dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi, Prof. Sajidan.

Dari dua belas kategori lomba yang dikompetisikan, Fakultas MIPA berhasil meraih juara pada delapan kategori, ini merupakan prestasi yang luar biasa. Dekan selaku pimpinan Fakultas bangga dengan prestasi tersebut. “Saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT dan selamat kepada pemenang lomba dan  Civitas akademika dan tenaga kependidikan atas prestasi dalam lomba non akademik yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-46 UNS,” ujar Drs. Harjana, Ph.D. ketika dihubungi tim mipa.uns.ac.id melalui aplikasi percakapan.

Menurut Dekan, civitas akademika  FMIPA tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik saja, namun juga berprestasi dalam bidang non akademik. Beliau berharap, semoga prestasi yang telah diraih bisa ditingkatkan pada tahun yang akan datang.

Prof. Dr. Pranoto ketika menerima penghargaan dari Prof. Kuncoro Diharjo (Wakil Rektor Riset dan Inovasi) sebagai pemenang Lomba Pengembangan Mitra Binaan pada Malam Pentas Seni dan Pengumuman Lomba dalam rangka Dies ke-46 UNS di Tower Ki Hadjar Dewantara Jumat (20/5/2022)

Sementara itu salah satu pemenang pertama lomba video UNS mengajar daring kategori dosen, Mohtar Yunianto, S.Si, M.Si. mengucapkan syukur alhamdulillah karena telah berhasil menjadi juara pertama. Dikatakan oleh Mohtar bahwa hal ini akan memacu dirinya untuk lebih baik lagi, lebih inovatif lagi  dalam proses pengajaran terutama yang kuliahnya masih menggunakan media daring.

Beliau berharap semoga capaian ini bisa memotivasi bapak ibu dosen yang lain untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran daring. “Saya berharap semoga capaian ini bisa memotivasi bapak ibu dosen yang lain untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran secara daring,” ujar Mohtar.  Menurut Mohtar, persiapan awal sangat penting untuk menghasilkan kuliah daring yang optimal, termasuk dalam penyiapan media serta teknik pengajaran. Sehingga kuliah daring bukan jadi halangan untuk memahami perkuliahan dengan baik. Masukan dari mahasiswa sangat penting, terutama metode pengajaran, agar kuliah secara daring bisa optimal.

Berikut hasil kejuaraan yang berhasil diraih oleh Fakultas MIPA adalah sebagai berikut :

Juara 1 Lomba Kebersihan Lingkungan

Juara 1 Lomba Video UNS Mengajar Daring 2022 Kategori Dosen an Mohtar Yunianto, S.Si., M.Si.

Juara 1 Lomba Tiktok Kategori Mahasiswa an Olivia Firdaus

Juara 2 Lomba Virtual Choir

Juara 2 Lomba Tiktok Kategori Dosen an Dr. Fahru Nurosyid, S.Si., M.Si.

Juara 3 Lomba Pengembangan Mitra Binaan an Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc.

Juara 3 Lomba Portal Web

Juara 3 Lomba Kampus Inklusi antar Fakultas.