FMIPA UNS — Pemerintah telah melonggarkan aturan memakai masker di tempat umum sejak Mei lalu. Masyarakat sudah boleh membuka masker di luar ruangan. Namun, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali menanjak. Untuk itu, perlu ada penyuluhan kembali tentang pentingnya mencegah penularan Covid-19. Selain itu, vaksinasi di kalangan masyarakat juga masih belum merata.

Karena itulah, tim riset grup (RG) Metabolics Disorders, S-1 Farmasi dan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berinisiatif untuk kembali memberikan penyuluhan vaksinasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyuluhan ini dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Permata Jombor, Bendosari, Sukoharjo.

Ketua RG Metabolics Disorders, Dr. apt. Nestri Handayani mengatakan bahwa santri dan santriwati yang masih tergolong anak-anak juga harus dilindungi supaya tidak terjadi penyebaran virus melalui kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di TPA. Untuk itu, vaksinasi di kalangan anak-anak perlu digalakkan lagi.

“Edukasi ini sudah sering dilakukan akan tetapi masih banyak yang abai dan tidak menghiraukan berbagai himbauan termasuk vaksinasi dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelas Dr. apt. Nestri dalam rilisnya, Senin (1/8/2022).

Penyuluhan dilaksanakan pada 6 Juli lalu. Sebanyak 37 santri dan santriwati TPA hadir dalam penyuluhan ini. Sejumlah kegiatan dilakukan untuk menarik perhatian peserta yang usianya masih anak-anak. Salah satu contoh, agar materi mudah dipahami dan menarik, penyuluh menyampaikan materi dalam bentuk komik dan video animasi.

Selain itu, peserta juga diberi poster dan leaflet berisi informasi yang disampaikan pada video. Hal tersebut bertujuan untuk menguatkan ingatan peserta akan materi yang disampaikan. Penyampaian materi juga diselipi dengan diskusi dan pembagian doorprize agar peserta lebih tertarik.

Tim RG Metabolics Disorders yang beranggotakan apt. Inayatush Sholihah, apt. Novita Ika Kusumadhewi, apt. Fea Prihapsara, apt. Rasmaya Niruri dan apt. Yeni Farida ini menyampaikan sejumlah materi. Materi-materi tersebut di antaranya pengertian penyakit Covid-19, cara penularan, dan gejala terinfeksi penyakit tersebut. Selain itu, peserta juga diberi materi tentang pencegahan penyebaran virus Covid-19 yakni dengan vaksinasi dan PHBS.

Kegiatan ini direspons positif oleh para peserta. Hal tersebut terlihat dari peserta yang sangat antusias mengikuti acara penyuluhan. Antusiasme para peserta terwujud dari keaktifan peserta dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh narasumber dalam sesi diskusi.

Selain itu, warga setempat juga memberikan respons baik dengan kegiatan ini. Respons baik tersebut terwujud dengan keinginan dari RT agar ke depannya dapat diadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan warga. [Humas FMIPA UNS]

Sumber : uns.ac.id