FMIPA UNS – Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan salah satu program pembinaan statistik sektoral pada tingkat desa dari Badan Pusat Statistik. Diharapkan dengan adanya Desa Cantik, desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan  dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka pengembangan Desa Cantik, BPS Karanganyar dan BPS Boyolali menjalin kerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dilaksanakan pada hari Senin (8/8/2022) bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA UNS.

Hadir pada acara penandatanganan perjanjian Kerjasama dari Fakultas MIPA adalah Dekan, Para Wakil Dekan, Kepala Program Studi Statistika beserta dosen dan Kepala Program Studi Matematika beserta dosen. Sedangkan dari BPS Karanganyar hadir Kepala BPS, Dewi Tri Rahayuni, S.Si., M.Si. beserta staf dan dari BPS Boyolali hadir kepala BPS Drs. Sugita, M.M. beserta staf.

Dalam kesempatan tersebut Dewi Tri Rahayuni menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa bersyukur karena bisa bekerjasama dengan FMIPA UNS. Kerjasama selama ini yang sudah terjalin dengan BPS Karanganyar telah memberikan manfaat dan harapannya bisa berkelanjutan. “Pada saat ini BPS sedang melaksanakan program Satu Data Indonesia (SDI), dengan adanya mahasiswa yang melakukan magang harapannya bisa terjun langsung ke masyarakat utuk penggalian data.” ujar Dewi.

Senada dengan Dewi Tri Rahayuni, Drs. Sugita, M.M. selaku kepala BPS Kabupaten Boyolali juga menyampaikan terimakasih dan merupakan suatu keormatan karena bisa menjalin Kerjasama dengan Fakultas MIPA. Sugita mengatakan bahwa tupoksi dari BPS adalah melayani data, maka dengan adanya mahassiwa yang magang, diharapkan BPS semankin kreatif dan inovatif dalam pelayanan data kepada masyarakat, kalangan akademisi, mahasiswa maupun yang lainnya. “Dengan adanya mahasiswa magang maka kami berharap semakin banyak ragam data yang bisa kami sediakan dan mempermudah layanan kami,” terang Sugita.

Sementara itu Dekan FMIPA, Drs. Harjana, S.S.i, M.Si, Ph.D  mengatakan bahwa Perjanjian Kerjasama dengan BPS Kabupaten Karanganyar dan BPS Kabupaten Boyolali merupakan implementasi dari program kementerian dalam rangka mendukung program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan Fakultas MIPA dan juga sebagai mitra kerja sama dalam mendukung pelaksanaan program Desa Cantik oleh Badan Pusat Statistik. “Kerjasama ini diharapkan akan bermanfaat untuk pengalaman mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan  di kampus,” ujar Harjana Setelah acara penandatanganan perjanjian Kerjasama, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis mahasiswa magang dari Fakultas MIPA dengan meyerahkan daftar mahasiswa Magang oleh Dekan kepada Kepala BPS Kabupaten Karanganyar dan Kepala BPS Kabupaten Boyolali didampaingi oleh perwakilan mahasiswa. Jumlah mahasiswa mangang dari Fakulats MIPA ke BPS Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 orang yang terdiri dari mahasiswa Prodi Statistika 13 orang dan Prodi Matematika 5 orang. Sementara yang magang ke BPS Kabupaten Boyolali sebanyak 15 orang yang tediri dari mahasiswa Prodi Statisitika 13 orang dan Prodi Matematika 5 orang. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan diskusi oleh kedua belah pihak . [Humas FMIPA]