FMIPA UNS – Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNMb), Ir. Junita Parjanti, M.T.  mengunjungi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membahas lebih lanjut inisiasi Kerjasama terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kunjungan kepala Balai didampingi oleh beberapa staf dari BTNMb dan diterima langsung oleh Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D beserta staf kerjasama dan Kepala Program Studi yag terlibat dalam Kerjasama yaitu dari Prodi Biologi, Prodi Ilmu Lingkungan dan Prodi Statistika pada hari Rabu (24/08/2022) bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA.

Kunjungan tersebut sejatinya adalah kunjungan balasan. Sebelumnya pada tanggal 28 Juni 2022 rombongan Fakultas MIPA dengan dipimpin Dekan melakukan kunjungan ke BTNMb dalam rangka inisiasi Kerjasama. Maksud dari kerjasama yang akan dibangun adalah terjalinnya sinergi kedua belah pihak dalam kegiatan pengembangan riset, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Hal ini juga terkait dengan program kementerian yaitu MBKM bagi mahasiswa Fakultas MIPA.

Sebagaimana disampaikan oleh salah satu staff dosen dari Prodi Ilmu Lingkungan, Dr. R. Muhammad Amin Sunarhadi, S.Si., M.P mewakli Kaprodi, bahwa mahasiswa Prodi Ilmu Lingkungan sangat tertarik untuk melakukan magang MBKM di TNGMb, terbukti sudah ada 17 orang mahasiswa yang mendaftar.

Sementara itu, Suratman, S.Si., M.Si staf Dosen dari Prodi Biologi mewakili kaprodi mengatakan, menyambut baik inisiasi kerjasama yang dilakukan antara FMIPA UNS dengan BTNMb. Apalagi ini terkait dengan program MBKM yang dicanangkan oleh kementerian. Ada beberapa mata kuliah yang bisa direkognisi terkait dengan kegiatan magang mahasiswa selama enam bulan. Namun demikian, menurut Suratman, mungkin tidak semua kegiatan mahasiswa dilakukan di lapangan, karena ada beberapa kegiatan terkait dengan analisis lanjut yang harus dilakukan di laboratorium. Dan diharapkan nantinya bisa dipublikasikan bersama.

Dari BTNMb diwakili oleh Ir. Junita Parjanti, M.T.  selaku kepala balai mengatakan bahwa  pada prinsipnya bisa menerima terkait magang dan pembelajaran adik-adik mahasiswa di Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.  “Pengaturan teknis pembelajaran dilapangan untuk mahasiswa terkait dengan rekognisi mata kuliah bisa dibicarakan lebih lanjut kedua belah pihak,” ujar Ir. Junita Parjanti [Humas FMIPA]