FMIPA UNS – Program Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Launching Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Selasa (6/9/2022) bertempat di Indraprastha Ballroom UNS Inn. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen dan juga mahasiswa serta dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebagai mitra.  

Dalam laporannya, Dr. rer.nat. Saptono Hadi selaku Kaprodi S1 Farmasi FMIPA UNS dan juga selaku ketua taskforce PKKM mengatakan bahwa PKKM merupakan hibah kompetitif DIKTI yang ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan memfasilitasi implementasi kampus merdeka untuk mendukung transformasi perguruan tinggi terkait dengan IKU meliputi kualitas lulusan, kualitas dosen pengajar dan kualitas kurikulum.

Pada PKKM tahun 2022, UNS berhasil memperoleh pendanaan Hibah PKKM batch-2 dengan tema besar “Implementasi Merdeka Belajar Berbasis Kolaborasi Kemitraan Lokal-Internasional serta Pengembangan laboratorium Autentikasi Jamu Asli Indonesia dalam Menjaga Kearifan Lokal”. Dikatakan oleh Dr. Saptono, bahwa Prodi Farmasi memfokuskan keunggulan pada riset berbasis bahan alam yang terbagi menjadi usulan 4 program kegiatan, yaitu : Fasilitasi Pharmapreneur berbasis Branding Produk Inovatif Jamu; Pengembangan Laboratorium Autentikasi Bahan Baku Jamu Saintifik ; Fasilitasi MBKM melalui riset berbasis justifikasi saintifik untuk peningkatan efisiensi manufaktur industri jamu di Soloraya; dan Kolaborasi Internasional dengan  Mitra Industri.

“Kegiatan PKKM ini dirancang dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan DUDI yang merupakan mitra Farmasi UNS,” ujar Saptono. Sudah ada beberapa mitra DUDI yang memberikan  komitmen untuk terlibat dan mendukung penuh kegiatan PKKM ini, diantaraya Koperasi Jamu Indonesia (KOJAI) Sukoharjo, PT. Rachma Sari Group, PT. Gujati 59 Utama, PT. Botryo Herba Bioteknologi, dan CV. Gatutkaca.

Lebih lanjut Dr. Saptono mengatakan bahwa serangkaian kegiatan sudah dilakukan mulai dari sosialisasai kegiatan PKKM kepada mahsiswa dan dosen, proses seleksi dan pengumuman hasil seleksi mahasiswa yang megikuti program, serta proses komunikasi dan persiapan dengan mitra DUDI dilanjutkan kegiatan FGD pada hari ini.

Sementara itu Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D menyambut baik dan mendukung kegiatan ini dan berharap agar semua yang terlibat dalam program PKKM, bisa menjalankannya sesuai dengan proposal yang telah direncanakan dan diajukan. Dekan juga mengucapkan terimakasih kepada mitra DUDI yang telah berkenan  menjadi mitra Fakultas MIPA khususnya Prodi Farmasi. “Kami mengucapkan terimakasih kepada dunia usaha dan dunia industri yang telah berkenan menjadi mitra Fakultas MIPA khususnya prodi farmasi. Di era sekarang, universitas dituntut untuk bekerjasama dengan pihak industri guna melatih mahasiswa agar siap terjun di dunia kerja,” pungkas  Dekan. [Humas FMIPA]