FMIPA UNS – Deputi Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Dr. Eng. Imam Mahdi, MT berkenan mengunjungi Pojok Statistik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari Selasa (13/9/2022).  Pojok Statistik merupakan layanan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi. Pojok Statsitik di Fakultas MIPA UNS diresmikan pada hari Senin, 20 Desember tahun 2021 oleh Direktur Diseminasi Statistik, Dr. Pudji Ismartini.

Kunjungan Dr. Eng. Imam Mahdi, MT didampingi oleh Kepala BPS Jawa Tengah Ir. Adhi Wiriana, M.Si dan diterima oleh Dekan FMIPA Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D beserta pimpinan fakultas dan dosen statistik di ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA UNS. Dalam sambutannya dekan menyambut baik kehadiran Deputi beserta rombongan yang berkenan untuk mengunjungi Pojok Statistik. Harapanya dengan kunjungan Bapak Deputi, kerjasama BPS semakin erat dan keberadaan Pojok Statistik semakin baik dan dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mendapatkan data. Dekan juga menyampaikan bahwa saat ini Fakultas MIPA telah menjalin Kerjasama dengan BPS Kabupaten di Solo raya terkait dengan kegiatan Desa Cantik dan MBKM.

“Saat ini Fakultas MIPA telah menjalin Kerjasama dengan BPS Jawa Tengah dan juga BPS Kabupaten di Solo Raya terkait dengan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Desa Cinta Statistik,” ungkap Drs. Harjana.

Sementara itu, ketika mengunjungi Pojok Statistik, Dr. Eng. Imam Mahdi, MT terkesan dengan agen statistik yang terdiri dari mahasiswa dimana para agen statistik ini sudah memahami seluk beluk data di BPS melalui website BPS. Mereka juga mampu membantu teman mahasiswa yang lain untuk mencari data dan juga termasuk aspek-aspek pengolahan data nya.

“Para agen statistik sangat bagus sekali dan saya sangat interest dengan performance mereka. Mereka mampu memahami seluk-beluk data di BPS melalui website BPS dan juga mampu untuk membantu mahasiswa lain dalam mencari data dan pengolahannya” ujar Dr. Eng. Imam Mahdi, MT.

Lebih lanjut Dr. Eng. Imam Mahdi, MT mengatakan bahwa Pojok Statistik harus lebih ditingkatkan lagi promosinya agar bisa dikenal oleh mahasiswa tidak hanya di lingkungan Fakultas MIPA, namun fakultas atau jurusan yang lain misalnya yang berkaitan dengan ekonomi, sosial kependudukan, industri, dimana mereka butuh data-data statistik. Beliau memberikan tips untuk lebih mengenalkan pojok statistik diantaranya adalah dengan melakukan promosi melalui media kampus. Bisa juga  dengan membuat acara bedah data berkaitan dengan isu sosial, isu ekonomi maupun isu yang lainnya. Dengan demikian diharapkan semakin banyak mahasiswa mengetahui keberadaan pojok statistik.

“Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita berkolaborasi antara pihak kampus dan BPS membuat event yang benar-benar sesuai dengan konsumsi mahasiswa, sehingga lebih mengenalkan keberaaan pojok statistik sehingga orang tidak takut lagi dengan data statistik,“ pungkas Imam Mahdi. [Humas FMIPA]