FMIPA UNS – Sabtu malam (15/10/2022) Aula Gedung C Fakultas MIPA UNS terlihat meriah. Pasalnya, Fakultas MIPA tengah menggelar acara Gelar Seni Budaya, Abinaya Karya Budaya dalam rangka Dies Natalis ke-26.

Acara dibuka dengan penampilan Tari Gambyong Retno Kusumo yang dibawakan oleh staf Fakultas MIPA yang terdiri dari dosen, karyawan dan juga mahasiswa. Dengan balutan busana tari, rias korektif yang menghasilkan wajah cantik dan tampak alami, enam orang dengan gerakan yang lemah gemulai dan penuh dengan estetika menyambut kehadiran para tamu.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas MIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D mengapresiasi kepada semua pihak yang dengan kerja keras dan ikhlas acara pagelaran seni budaya bisa berjalan dengan lancar. “Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan ikhlas sehingga acara pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada pihak sponsor yang telah membantu terlaksananya rangkaian kegiatan Dies Natalis FMIPA,” ujar Dekan

Sementara itu Rector UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengatakan bahwa kegiatan gelar seni budaya Fakultas MIPA, disamping diselengarakan dalam rangka Dies Natalis Fakultas MIPA, juga merupakan kegiatan gelar seni budaya yang diselenggarakan secara rutin setiap bulan. Rektor mengajak kepada seluruh pimpinan UNS agar ditengah-tengah kerja keras memajukan Universitas, mari bersama-sama mengurangi kepenatan dengan berbahagia menggelar gelar seni budaya.

“Saya mengajak kepada seluruh pimpinan universitas, ditengah-tengah kerja keras memajukan institusi, mari bersama-sama mengurangi kepenatan dengan berbahagia menggelar kegiatan seni budaya,” ujar Rektor

Ditengah sambutan, rektor juga mengapresiasi kinerja pimpinan Fakultas MIPA. Rektor mengatakan bahwa akhir-akhir ini Fakultas MIPA menjadi Fakultas yang TOP, karena banyaknya dosen yang bergelar doktor. Top karena banyaknya profesor dan top karena banyaknya publikasi dan prestasi yang lain. Rektor juga mengajak dan berharap prestasi Fakultas MIPA di usia ke-26 tahun ini terus meningkat baik tingkat universitas, nasional bahkan tingkat internasional.

Acara Gelar Seni Budaya Fakultas MIPA juga dimeriahkan oleh penampilan Lenggang Dharma Wanita Persatuan UNS, Medley Lagu Daerah Nusantara oleh mahasiswa Fakultas MIPA, Gambyong Jreng dan Group Tari SAHITA.

Salah satu peserta yang hadir sekaligus pengisi acara, Iven, mahasiswa Farmasi FMIPA UNS sangat terkesan dengan kegiatan gelar seni budaya malam itu. “Saya sangat terkesan, karena baru kali ini saya bisa menyaksikan kegiatan yang luar bisa meriah selama saya kuliah di Fakultas MIPA,” ujar Iven. Hal ini bisa dimaklumi, karena Iven adalah mahasiswa yang sesaat setelah menjadi mahasiswa UNS terjadi wabah covid-19. Praktis ketika itu tidak ada kegiatan luring.

Penampilan Gambyong Jreng tidak kalah menyita perhatian pengunjung. Dengan gaya menarinya yang kocak, mampu menghibur hadirin bahkan mengajak pengunjung untuk ikut menari bersama. Penampilan gelar seni budaya ditutup dengan penampilan group tari Sahita. Group tari yang unik dan berbeda dari yang lain, karena mereka selalu mendandani wajah dan rambut mereka menjadi sosok wanita yang jauh lebih tua dari usianya. Dengan berpakaian ala perempuan jawa, berkebaya, berselendang dan bersanggul, mereka pun dengan mahir menyanyikan dan memparodikan lagu-lagu tenar yang akrab di telinga para pengunjung. Hingga akhirnya rektor dan pimpinan universitas serta tamu undangan yang hadir ikut naik ke atas panggung bernyanyi bersama Sahita. [Humas Fakultas MIPA]