FMIPA UNS – Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. terpilih menjadi Rektor Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang periode 2022-2026. Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. memperoleh suara terbanyak pada tahapan Pemilihan Rektor yang diselenggarakan pada Sidang Tertutup Senat Universitas Tidar, Rabu (2/11) di Ruang Multimedia UNTIDAR.

Pada pemungutan suara tersebut, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. mendapatkan 21 suara, sementara calon lainnya yaitu Prof. Dr. Hadi Sasana, S.E., M.Si. dan Prof. Sukirno, S.Pd., Msi., Ph.D. masing-masing memperoleh 10 suara dan 0 suara. Dari hasil tersebut menjadikan Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. ditetapkan sebagai rektor terpilih untuk periode 2022-2026.

“Hasil pemungutan suara, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. sejumlah 21 suara, Prof. Dr. Hadi Sasana, S.E., M.Si. sejumlah 10 suara dan Prof. Sukirno, S.Pd., Msi., Ph.D. sejumlah 0 suara. Hasil ini menjadikan Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. sebagai Rektor Terpilih,” terang Dr. Dra. Sri Mulyani, M.Si., Ketua Senat UNTIDAR sebagaimana dikutip dari laman untidar.ac.id.

“Totalnya ada 31 suara, tiap anggota senat mempunyai 1 suara sedangkan perwakilan kementerian mendapatkan 11 suara atau senilai 35% dari jumlah keseluruhan senat,” tambahnya.

Proses pemilihan rektor dimulai dengan Pembukaan oleh Ketua Senat, Sambutan perwakilan Kemendikbudristek, pembacaan Tata Tertib oleh sekretaris senat, pemungutan suara dan penandatanganan berita acara.

Tahapan Pemilihan Rektor diikuti oleh 20 anggota senat dan 1 perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dalam kesempatan tersebut hadir Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbud Ristek Dr. Lukman, S.T., M.Hum., sebagai kuasa Mendikbudristek.

“Hari ini kita akan memulai sejarah baru bagi UNTIDAR yaitu menentukan Rektor untuk memimpin UNTIDAR periode 2022-2026. Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. yang telah mengawal UNTIDAR selama 4 tahun ini,” tuturnya.

Tahapan Pemilihan Rektor UNTIDAR telah dimulai pada 17 Juni 2022 dimulai dari tahapan penjaringan, penyaringan, pemilihan dan dilanjutkan penetapan dan pelantikan rektor pada Desember 2022 mendatang.

“Hasil pemungutan suara yang tercantum pada berita acara hari ini selanjutkan akan diproses sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan dan pengangkatan Rektor Universitas Tidar Periode Tahun 2022-2026,” jelas Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNTIDAR 2022-2026, Drs. Sujatmiko, M.P.A.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D  ketika dimintai tanggapanya terkait terpilihnya Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. sebagai rektor UNTIDAR merasa bangga karena salah satu staf dosen di Prodi Biologi Fakultas MIPA  terpilih sebagai rektor. Dan beliau berharap semoga UNTIDAR dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Sugiyarto lebih maju, unggul di tingkat Nasional dan lebih dikenal di tingkat Internasional  serta  berkonstribusi nyata untuk bangsa dan negara.

“Kami,  pimpinan dan segenap civitas academika  Fakultas MIPA bangga atas terpilihnya salah satu dosen Prodi Biologi FMIPA UNS , Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. sebagai Rektor UNTIDAR. Semoga  UNTIDAR lebih maju, unggul di tingkat Nasional dan lebih dikenal di tingkat Internasional  serta  berkonstribusi nyata untuk bangsa dan negara,” pungkas Drs. Harjana [Humas FMIPA]