FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) UNS melakukan sosialisasi terkait dengan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan kampus. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Ruang Sidang Senat FMIPA pada hari Rabu (11/01/2023) bersamaan dengan agenda rapat pimpinan. Hadir dari satgas PPKS adalah Dr. dr. Intan Suraya Ellyas, M. Or. (Anggota Satgas PPKS) dan Santi Noor Pratiwi (Sekretaris merangkap anggota Satgas PPKS).

Dalam paparanya, Dr. dr. Intan Suraya Ellyas mengatakan bahwa latar belakang dibentukanya satgas PPKS diantaranya adalah bahwa dengan semakin meningkatnya kekerasan seksual yang terjadi pada ranah komunitas termasuk perguruan tinggi secara langsung atau tidak langsung akan berdampak pada kurang optimalnya penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan menurunkan kualitas pendidikan tinggi. Serta untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual di perguruan tinggi, perlu pengaturan yang menjamin kepastian hukum dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Dr. Intan mengatakan bahwa kekerasan seksual mencakup tindakan yang dilarang secara verbal, nonfisik, fisik, dan atau melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Dr. Intan, pelecehan dan kekerasan seksual diantaranya mencangkup menyampaikan ujaran yang mendiskriminasi atau melecehkan tanpilan fisik, kondisi tubuh, dan atau identitas gender korban. Menatap korban dengan nuansa seksual dan atau membuat tidak nyaman. Mengirimkan pesan, lelucon, gambar, foto, audio, dan atauvideo bernuansa seksual tanpa persetujuan korban.

Saat ini UNS berusaha melakukan pencegahan kekerasan seksual di perguruan tinggi dengan cara pembentukan sekaligus sosialisasi terbentuknya satgas PPKS, melakukan layanan aduan kekerasan seksual, pembuatan pedoman dan media informasi dan edukasi pencegahan seksual.

Sementara itu Dekan Fakultas MIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D menyambut baik terbentukanya satgas PPKS di UNS. Harapannya dengan adanya satgas PPKS maka kampus menjadi tempat yang aman dan nyaman dan bebas dari kekerasan seksual. [Humas FMIPA UNS]