FMIPA UNS – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H., Takmir Masjid Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kajian tarhib Ramadhan. Kajian yang diselenggarakan pada hari Kamis (16/03/2023) bertempat di Masjid FMIPA UNS diikuti oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga atuan pengamanan dan tenaga kebersihan dilingkungan Fakultas MIPA.

Dari kajian ini diharapkan kita senang dalam menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Dengan niat semoga kita bisa mengumpulkan pahala amal sebanyak -banyaknya. Dalam laporannya, Ketua Takmir Masjid FMIPA, Dr. Drs. Siswanto, M.Si. mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan takmir mempunyai beberapa program kegiatan diantaranya adalah kajian rutin muslimah setiap hari Jum’at, tahsin Al Qur’an online muslimah setiap Sabtu pagi, kajian jelang buka puasa,  taraweh bersama civitas akademika FMIPA dan FATISDA, dan taraweh keliling dari univeristas. Disamping itu juga ada bakti sosial Ramadhan dengan label FMIPA dan FATISDA berbagai.

“Kami berharap, program yang sudah dirancang didukung oleh segenap civitas akademika sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ujar Dr. Siswanto.

Kajian tarhib Ramadhan menghadirkan KH. Sholahuddin Sirizar, Lc., M.A. direktur Pondok Pesantren Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo. Dalam  materinya beliau menekankan kepada kita untuk menyambut Ramadhan dengan senang dan kelapangan dada. Ada beberapa langkah yang ditempuh dalam menyambut Ramadhan, diantaranya adalah berdoa. Doa memohon kepada Allah agar benar benar Allah memberi kesempatan kepada kita untuk berjumpa dengan Ramadhan. Bahkan, menurut  Ustadz Sholahuddin, Rasul juga berdoa “Dengan datangnya hilal Ramadhan, berilah kami rasa aman, rasa nyaman, dan mudah-mudahan memiliki iman yang kuat, keselamatan, dan berislam.”

Dari doa diatas, Sholahuddin mengatakan bahwa Ibadah puasa tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak punya iman yang kuat. Keselamatan dan kesehatam juga diperlukan sehingga kita maksimal dalam beribadah.

“Disamping doa, kita juga harus mensyukuri karena bertemu dengan bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, karena di bulan tersebut Allah mewajibkan puasa yang dengan itu dosa-dosa dihapuskan, pintu sorga dibuka, pintu neraka jahim ditutup, setan-setan dibelenggu dan ada satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan,” ujar Sholahuddin.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc. Ph.D menyambut baik Tarhib Ramadhan yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid FMIPA. Dekan berharap, kajian yang diselenggarakan bisa menambah wawasan keilmuan kita didalam persiapan menghadapi bulan Ramadhan. Dekan juga mengucapkan terimakasih kepada takmir, karena bisa menyelenggarakan kajian yang bisa menyemarakkan kegiatan bulan suci Ramadhan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada takmir, karena bisa menyelenggarakan kajian yang bisa menyemarakkan kegiatan Ramadhan. Dan juga program-program yang sudah dirancang takmir dalam menyemarakkan Ramadhan semoga bisa berjalan lancar dan membawa manfaat buat kita semua,” pungkas Harjana, Ph.D.

[Humas Fakultas MIPA UNS]