FMIPA UNS – Dalam rangka menyemarakkan kegiatan Ramadhan, Takmir Masjid Fakultas MIPA meyelenggarakan taraweh bersama civitas akademika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FATISDA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kegiatan taraweh bersama ini dilaksanakan pada hari Jum’at (31/03/2023)  bertempat di Masjid Fakultas MIPA UNS dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa. Dekan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, baik dari kalangan dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak, Ibu dan saudara semua yang telah ikut mensukseskan kegiatan taraweh bersama malam hari ini. Semoga dengan kegiatan ini iman kita semakin meningkat,” ungkap Dekan.

Setelah kegiatan shalat taraweh dan witir, dilanjutkan dengan kajian. Bertindak sebagai narasumber adalah Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D yang juga merupakan kaprodi S-1 Statistika. Dalam materinya Isnandar Slamet mengatakan bahwa input dari Ramadhan adalah orang beriman, prosesnya adalah bulan Ramadhan dan outputnya adalah bertaqwa.

Ramadhan memiliki banyak sebutan, diantaranya adalah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Ramadhan juga identik dengan bulan ibadah,  maka bagi orang beriman Ramadhan adalah bulan panen pahala.

Menurut Isnandar Slamet, Ph.D, selama Ramadhan agar mendapatkan fadilah atau keutamaan, maka kita harus mau berusasah payah. Dengan bersusah payah maka hasil akan maksimal dan pahala yang didapatkan akan berlipat ganda. Ramadhan juga bulan memperbaiki hubungan kita dengan Allah dan memperbaiki hubungan kita dengan hamba Allah.

“Memperbaiki hubungan kita dengan hamba Allah diantaraya adalah memperbaiki akhlak yang akan menajamkan perasaan sosial kepada siapa saja. Membantu orang lain tidak harus materi, bisa dengan ucapan, tenaga maupun dengan muka yang berseri-seri,” pungkas Isnandar.

Selama Ramadhan Takmir Fakultas MIPA mempunyai beberapa program kegiatan diantaranya adalah bakti sosial Ramadhan “FMIPA dan FATISDA Berbagi”, penyediaan buka puasa bersama dan taraweh berjamaah, tahsin al-Qur’an online muslimah, kajian rutin muslimah serial Ramadhan dan beberapa kegiatannya lainnya. [Humas Fakultas MIPA UNS]