FMIPA UNS – Keluarga Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Halal bi Halal dan Silaturahmi dalam rangka Idul Fitri 1444 H. Acara yang diselenggarakan pada hari Kamis (4/5/2023) bertempat di Aula Gedung C Fakultas MIPA dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan, dekan senior dan pegawai yang sudah purna tugas.

Hikmah halal bi halal disampaikan oleh Ustadz Drs. Subandji, M.Ag. dari UIN Raden Mas Said Surakarta. Dalam ceramahnya Subandji menyampaikan bahwa halal bi halal adalah saling melepaskan rasa dan sikap. Rasa apa saja yang kurang baik harus dilepas begitu juga dengan sikap yang tidak baik juga harus kita lepas.

Melepas adalah dengan dua cara yang pertama berani meminta maaf. Menyadari bahwa kita sebagai manusia banyak salah dan dosa.  Orang yang salah bisa baik jika menyadari kesalahan dan mau memperbaikinya. Yang kedua adalah memaafkan kesalahan orang lain. Karena salah satu tanda orang bertakwa adalah mampu memaafkan kesalahan orang lain.

Lebih lanjut Subandji mengatakan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang tidak lepas daripada membutuhkan bantuan orang lain. Mengutip pesan dari Rasulullah, bahwa manusia dianjuran untuk menyebarkan salam atau perdamaian. Harmoni dan kedamaian kita wujudkan dalam Indonesia khususnya di Fakultas MIPA dan UNS. Perbedaan suatu keniscayaan, dengan perbedaan yang ada bisa saling melengkapi.

“Maka sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Agar  bisa bermanfaat bagi orang lain ada pertanyaan yang perlu disampaikan kepada diri kita, apa yang sudah  bisa kita lakukan untuk kemanfaatan orang lain dan apa yang bisa  kita berikan untuk lembaga,” ujar Subandji

Sementara itu, Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dalam sambutanya mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin. Rektor juga mengatakan bahwa kebersamaan dan kerukunan di fakultas MIPA merupakan modal utama untuk memajukan UNS menuju yang lebih baik.

“Fakultas MIPA adalah fakultas yang penuh dengan  prestasi baik akademik maupun non akademik. Menjadi juara pertama lomba inclusion metric dengan fasilitas disabilitas terbaik di lingkungan universitas. Didalam berbagai kesempatan Fakultas MIPA tidak pernah absen dalam mengukir prestasi,” terang rektor. [Humas FMIPA UNS]