FMIPA UNS – Pakar Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si. menjadi pembicara pada Forum Dewan Pakar Lingkungan yang diselenggarakan oleh Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada hari Rabu (30/05/2023). Kegiatan yang mengambil tema “Peran dan Penguatan Gerakan Muhammadiyah dalam Mitigasi Perubahan Iklim” dilaksanakan secara hybrid yakni daring (dalam jaringan) dan luring yang bertempat di Ruang Sidang Lt 2 PP Muhammadiyah Jakarta.

Prof. Prabang memaparkan materi tentang harmonisasi Gerakan Kolektif Kolegial demi Penguatan Muhammadiyah dalam Mitigasi Perubahan Iklim. Singkatnya dijelaskan bahwa cara efektif untuk melakukan aksi perubahan iklim yakni dengan meningkatkan “Kesadaran Iklim”.

Kesadaran Iklim yang ditekankan berupa local knowledge (pengetahuan lokal), local genius (kecerdasan local), dan local wisdom (kearifan local).

Selanjutnya Prof. Prabang juga menyampaikan enam langkah dalam mitigasi perubahan iklim yang meliputi, pertama mengganti bahan bakar fosil dengan energi baru terbarukan, kedua mengurangi emisi polutan gas rumah kaca seperti metana dan karbon hitam, ketiga menjaga hutan dan keanekaragaman hayati, termasuk cadangan karbon di dalam hutan.

Yang keempat tidak lupa mengubah gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi daging, dan memperbanyak konsumsi tumbuh-tumbuhan yang ditanam, kelima menerapkan pembangunan ekonomi yang rendah karbon (low carbon development) dan keenam adalah menerapkan kebijakan keluarga berencana untuk menekan angka pertumbuhan penduduk setiap tahun.

Prof. Prabang menjadi narasumber bersama dengan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S. seorang pakar lingkungan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan Prof. Dr. Ir. Susamto W. Somowiyarjo, M.Sc. selaku guru besar Universitas Gajah Mada. [Humas FMIPA UNS]