PROGRAM STUDI S1 ILMU LINGKUNGAN

FAKULTAS MIPA UNS

PROGRAM STUDI S1 ILMU LINGKUNGAN

Selamat datang di halaman web Program Studi S1 Ilmu Lingkungan, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah  bereputasi internasional  didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Universitas Sebelas Maret telah mencanangkan untuk menjadi World Class University (WCU). Pendirian Program Studi S1 Ilmu Lingkungan akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Ilmu Lingkungan.

Hormat Kami,

Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si., C.EIA., Ir., IPM.
Kepala Program Studi S1 Ilmu Lingkungan FMIPA UNS

Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si., C.EIA., Ir., IPM.

Kepala Program Studi S1 Ilmu Lingkungan Fakultas MIPA UNS

Gambaran Umum

Salah satu program studi sarjana termuda di Fakultas MIPA yaitu Program Studi S1 Ilmu Lingkungan yang berdiri Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor : 556/KPT/I/2017 pada tanggal 02 Oktober 2017. Program Studi S1 Ilmu Lingkungan memiliki bidang kajian lingkungan secara holistik mencakup aspek abiotik, biotik dan kultural dengan penekanan kajian pada ekosistem perairan tawar.

Program Studi Ilmu Lingkungan ini mulai menerima mahasiswa baru sebagai peserta didik pada tahun 2018 setelah ijin pendirian Program Studi diperoleh melalui Keputusan Menteri Ristekdikti Nomor 556/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Sarjana pada Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Keunggulan dan Spesifikasi

Kualitas dan komitmen Prodi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional akan selalu menjadi pedoman Prodi dalam menyelaraskan kurikulum, program kegiatan dan standar luaran lulusannya. Manajemen internal peningkatan sumber daya prodi serta perwujudan capaian pembelajaran pada mahasiswa akan selalu diselaraskan dengan RENSTRA dengan selalu meninjau Rencana Operasional Prodi berbasis capaian pembelajaran dan masukan dari asosiasi profesi (Ikatan Ahli Lingkungan hidup Indonesia) dan Perhimpunan Program Studi Ilmu Lingkungan Indonesia (PEPSILI).

Akreditasi

Program Studi Baru / Sedang Proses Akreditasi

Visi

“Menjadi program studi dan pengembangan ilmu lingkungan yang unggul di tingkat nasional dan internasional.”

Misi dan Tujuan

Misi:

Tujuan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan fokus dalam bidang Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Sains dan Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi sains dan Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang telah dilaksanakan dalam bidang Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Sains dan Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam pengembangan dan pemanfaatan Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  2. Menghasilkan produk penelitian berkualitas di bidang Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan berdasarkan kajian Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Sains dan Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan.
  4. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran, serta penelitian di bidang Ekosistem Perairan Tawar, Rekayasa Lingkungan serta Inovasi Teknologi Berbasis Sumber daya Alam (SDA) yang berkelanjutan kepada masyarakat, sehingga terjadi transformasi terus menerus untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Profil Lulusan

Dosen/Pendidik

Peneliti

Tenaga Ahli

Konsultan

Strategi Pencapaian VMTS

  1. Mendorong dosen yang berkualifikasi S2 untuk studi lanjut ke S3 untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan untuk mendekatkan ketercapaian visi misi UPPS sampai program studi.
  2. Mendorong percepatan dosen untuk naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi sehingga dosen betul betul berkembang kompetensi dan karirnya.
  3. Meningkatkan fasilitas laboratorium, sarana dan prasarana pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga hasil-hasil penelitian semakin berkualitas.
  4. Mendorong dosen untuk mengembangkan jejaring dengan institusi lain dan Asosiasi Profesi Lingkungan untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi, terutama untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tenaga Pendidik

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.

rm.sunarto@staff.uns.ac.id

Dr.Prabang S., S.Si.,M.Si.,C.EIA.,Ir.,IPM.

prabangsetyono@staff.uns.ac.id

Ahmad Dwi Setyawan, S.Si., M.Si.

ahmad@staff.uns.ac.id

Muhammad Indrawan, S.Si., M.Si.

m_indrawan@staff.uns.ac.id

Irfan A.N, S.Ag., M.Ag.

erfanbuyung@staff.uns.ac.id

Siti Rachmawati, S.ST., M.Si.

siti.rachmawati@staff.uns.ac.id

Sapta Suhardono, S.Pd., M.Sc.

sapta.suhardono@staff.uns.ac.id

Hashfi Hawali AM., S.T., M.Ling.

hawalihashfi@staff.uns.ac.id

Lia Kusumaningrum, S.Hut., M.Sc.

liakusumaningrum@staff.uns.ac.id

Fasilitas

Ruang:

  1. Ruang Pengelola Administrasi
  2. Ruang Kepala Program Studi
  3. Ruang Kuliah
  4. Ruang Dosen
  5. Ruang Rapat
  6. Ruang Diskusi Mahasiswa
  7. Ruang Sidang

Laboratorium:

  1. Laboratorium sistem informasi lingkungan
  2. Laboratorium Ekologi Terapan
  3. UPT Laboratorium Terpadu UNS

Peralatan Canggih:

  1. Spektrofotometer UV-VIS PG Instrument
  2. Dissolved Oxygen Meter Palintest PT-1240
  3. Water Purification System
  4. pH Meter Ohaus
  5. Mikroskop Olympus CHL
  6. Soil Tester
  7. Physical Computation Laboratory
  8. Perangkat komputer
  9. Pesawat nir awak atau drone
  10. Portabel instrumen kualitas air
  11. Handheld GPS Garmin
  12. Alat pengukur CO2 portabel Lutron
  13. Instrumen monitoring klimat EXTECH 45170CM 5-in-1
  14. Instrumen perhitungan cemaran partikulat (particle counter outdoor) Extech VPC300
  15. Alat ukur debu HVAS (High Volume Air Sampler)
  16. Alat ukur kebisingan (sound level meter)

Kerjasama

Kerjasama yang dilakukan FMIPA meliputi institusi pemerintahan, swasta, lembaga masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Kerjasama dilaksanakan dalam bentuk pengiriman tempat magang mahasiswa, tempat penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan seminar, kuliah tamu, workshop. Dalam rangka melaksanakan dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan institusi dalam dan luar negeri, Program Studi Ilmu Lingkungan melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga seperti kerjasama antar universitas, kerjasama pemerintah kabupaten/kota, kerjasama dengan balai penelitian, lembaga di bidang kesehatan dan pihak swasta. Pihak mitra yang melakukan hubungan kerjasama dengan Program Studi S1 Ilmu Lingkungan ini antara lain terdiri dari 22 pihak yang sesuai dengan data LKPS. Lembaga mitra yang telah menjalin kerjasama ini antara lain IALHI (Ikatan Ahli Lingkungan Hidup Indonesia), PEPSILI (Perhimpunan Program Studi Ilmu Lingkungan), KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), PT Jasa Tirta Energi, Taiwan Corner, LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan Surakarta), RSUD Banten, RS UNS, Balai Besar Kulit Karet dan Plastik, Fakultas MIPA USU, PT Dirgantara Indonesia, Fakultas Mipa UNRI, Akademi Angkatan Udara, PT Kimia Farma, Naturafit Herbal, RS.PKU Surakarta, Lembaga Farmasi Puske TNI AD, PT Phapros, RSUD Sragen, dan PT Ifars. Hasil kerjasama berupa beasiswa, tempat Kuliah Magang Mahasiswa, tempat survei dan pengambilan data untuk penelitian dan tugas akhir, pelaksanaan pengabdian pada masyarakat, kuliah pakar, workshop, pelatihan, dan Forum Group Discussion (FGD).

Dalam rangka melaksanakan dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan institusi luar negeri, Program Studi Ilmu Lingkungan secara aktif menyukseskan program internasionalisasi yang telah dirancang oleh UNS. Adapun bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan Program Studi Ilmu Lingkungan meliputi Taiwan Corner tentang pengiriman delegasi dosen. Kerja sama ini berlaku selama 5 tahun mulai dari penandatangan MoU pada tanggal 14 April 2016 hingga 13 April 2021. Dari kerja sama kemitraan dengan Taiwan Corner, Program Studi S1 Ilmu Lingkungan dapat mengirimkan staff dosen yakni Aru Dewangga ke Taiwan pada tahun 2018. Sehingga, terjalin hubungan dan jejaring kerja sama antara program studi S1 Ilmu Lingkungan dengan Taiwan Corner.

Testimoni

Menempuh studi pada Program Studi S1 Ilmu Lingkungan FMIPA UNS menginspirasi saya untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan produk penelitian terdepan terutama dalam bidang Rekayasa Lingkungan."

Olivia Firdaus

Mahasiswa S1 Ilmu Lingkungan

Prodi S1 Ilmu Lingkungan memberi pelajaran tentang pentingnya peran manusia terhadap lingkungan. Suasana perkuliahan yang menyenangkan dengan fasilitas yang sangat memadai."

Lantip Asyam Ammar

Mahasiswa S1 Ilmu Lingkungan

Bagi saya, Perkuliahan di S1 Ilmu Lingkungan memberikan banyak pengetahuan baru. Kurikulum yang berkembang sesuai perkembangan jaman, dan praktikum dengan fasilitas lab yang memadai."

Thalita Aldila P.

Mahasiswa S1 Ilmu Lingkungan

Menjadi bagian dari S1 Ilmu Lingkungan membuat saya untuk menimbulkan kesadaran, penghargaan, tanggung jawab, manusia terhadap lingkungan hidup secara menyeluruh."

Filipus Kevin Tirta

Mahasiswa S1 Ilmu Lingkungan

Kontak Kami

Website Resmi

Klik 'Kunjungi Website' untuk mengunjungi Website Resmi Program Studi S1 Ilmu Lingkungan Fakultas MIPA UNS

Sekretariat Program Studi

Gedung C Lantai 3
Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Surami No. 36A, Jebres, Surakarta 57126
Telepon: (0271) 669376 / Fax. (0271) 663375
E-mail: info@mipa.uns.c.id

Pendaftaran

Klik 'Kunjungi Website' untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru Program Studi S1 Ilmu Lingkungan Fakultas MIPA UNS