PROGRAM STUDI S3 BIOLOGI

FAKULTAS MIPA UNS

PRODI BIOLOGI PROGRAM DOKTOR

Selamat datang di halaman web Program Studi Biologi Program Doktor, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah  bereputasi internasional  didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Universitas Sebelas Maret telah mencanangkan untuk menjadi World Class University (WCU). Pendirian Program Studi Biologi Program Doktor akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Biologi.

Hormat Kami,

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.
Kepala Program Studi Biologi Program Doktor FMIPA UNS

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.

Kepala Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS

Gambaran Umum

Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret didirikan untuk menghasilkan ilmuwan dan peneliti yang memiliki kualitas akademik yang tinggi. Lulusan Program Studi Biologi Program Doktor diharapkan akan mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dengan bijaksana, mengingat kekayaan SDA yang sangat melimpah. Usulan pendirian Program Studi Biologi Program Doktor mendapat persetujuan Ijin Pembukaan No.453/KPT/1/2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Program Studi Biologi Program Doktor didirikan dengan melihat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang menuntut peran para ilmuwan dan peneliti, untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademis yang memadai. Disamping ilmuwan dan peneliti, tuntutan kualifikasi ini juga dirasakan perlu oleh birokrat, industriawan, dan para pengambil keputusan.

Program Studi Biologi Program Doktor diharapkan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta pengelolaan sumber daya hayati yang berkelanjutan dan bijaksana. Program Studi Biologi Program Doktor berperan dalam penelitian dan pengembangan Bioproduk dan Biokonservasi yang nantinya bermanfaat dalam bidang pertanian, kesehatan, lingkungan, dan industri antara lain obat kanker, produksi enzim, probiotik serta bermanfaat dalam pengelolaan keanekaragaman hayati secara arif dan berkelanjutan. Mengingat kemanfaatan dan peran penting Program Studi Biologi Program Doktor maka pendirian program studi ini merupakan hal yang menjadi prioritas bagi UNS. UNS sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang sangat baik, aktif menyumbangkan lulusan yang memiliki kualifikasi yang unggul.

Keunggulan dan Spesifikasi

Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS mengembangkan ilmu dasar dan terapan dengan memfokuskan pada pengembangan bioproduk dari kekayaan sumber daya alam Indonesia. Lulusannya diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional dan  internasional. Kurikulum Program Studi Biologi Program Doktor diarahkan untuk membekali mahasiswa dalam mengelola Sumber Daya Alam hayati untuk menghasilkan bioproduk dari sumber hayati, baik di tingkat molekuler, sel, jaringan, individu, spesies, populasi, ataupun ekosistem, dengan kajian interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner.

Akreditasi

Program Studi Baru / Sedang Proses Akreditasi

Visi

“Menjadi institusi yang unggul dalam pengembangan ilmu, teknologi, dan inovasi di tingkat internasional dan terdepan dalam bidang Bioproduk dan Biokonservasi.”

Visi Program Studi Biologi Program Doktor sejalan dengan visi Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam bidang biologi yang berdaya saing pada tingkat nasional dan internasional  dan visi Fakultas MIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan  yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional; serta selaras dengan visi UNS yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi dan Tujuan

Misi:

Tujuan:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka meluluskan doktor biologi yang memiliki integritas dan menguasai pengetahuan serta ketrampilan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengandung kebaruan, di bidang bioproduk dan biokonservasi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk menerapkan hasil-hasil inovasi dalam bidang bioproduk dan biokonservasi.
  4. Mengembangkan jejaring melalui kerjasama dengan organisasi profesi dan lembaga lain (tingkat nasional, regional dan internasional) untuk mengokohkan keunggulan prodi doktor bidang biologi secara umum, serta bioproduk dan biokonservasi secara khusus.

Tujuan Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS adalah menyelenggarakan program pendidikan S-3 melalui serangkaian proses pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang antara lain:

  1. Menghasilkan doktor yang memiliki penguasaan filosofi keilmuwan biologi berintegritas tinggi, profesional, kreatif, dan inovatif di bidang bioproduk dan biokonservasi yang punya nilai novelty.
  2. Mewujudkan lembaga   yang berperan sebagai pusat rujukan   bidang pendidikan dan penelitian bioproduk dan biokonservasi.
  3. Melaksanakan  pengabdian  berbasis  hasil  riset  bidang  biologi, bioproduk,  dan biokonservasi kepada masyarakat.
  4. Mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang biologi, bioproduk dan biokonservasi pada tingkat nasional maupun internasional.

Profil Lulusan

Dosen/Pendidik

Peneliti

Tenaga Ahli

Konsultan

Strategi Pencapaian VMTS

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan P2M dosen agar dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik.
  2. Peningkatan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar yang berkualitas dan efisien serta pemanfaatan sumber daya yang ada di Program Studi secara hemat dan bertanggungjawab.
  3. Peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain untuk peningkatan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan kerja sama pendidikan, penelitianm dan P2M dengan instansi pemerintah dan swasta, baik dalam dan luar negeri.
  5. Mengikutsertakan staf dosen dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi ilmiah terutama yang siap dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional maupun terindeks internasional.

Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik atau staf akademik di Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS berkualifikasi minimal doktor. Sebanyak 5 (lima) dosen tetap Program Studi Biologi Program Doktor berkualifikasi guru besar, selebihnya terdapat 12 dosen berkualifikasi doktor. Dengan pertimbangan bahwa dosen berstatus guru besar memiliki jam terbang dan pengalaman penelitian/pengabdian yang lebih tinggi, maka dosen yang berkualifikasi doktor bergabung dalam team teaching bersama dengan dosen berstatus guru besar untuk mengampu satu mata kuliah.

Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS juga menghadirkan dosen di luar program studi untuk beberapa mata kuliah yang membutuhkan kepakaran khusus, seperti:

  1. Dr. Muzzayinah, M.Si. dengan kepakaran biosistematika tumbuhan
  2. Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si. dengan kepakaran rekayasa genetika

Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si.

sajidan_fkip@staff.uns.ac.id

Dr. Muzzayinah, M.Si.

yinmuzzazinah@staff.uns.ac.id

Penugasan dosen diatur berdasarkan latar belakang keahlian. Selain itu juga terdapat satu staff administrasi program studi yaitu Atik Dwiningsih, A.Md. Sesuai dengan proporsi yang telah ditetapkan semua dosen pendidik sudah mendapatkan SKS sesuai beban mengajar masing-masing yang disahkan oleh Dekan Fakultas MIPA UNS. Secara lengkap, staf pendidik Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS adalah sebagai berikut:

Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D.

suranto57@staff.uns.ac.id

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.

rm.sunarto@staff.uns.ac.id

Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.

nnsutarno@staff.uns.ac.id

Dr. Drs. Edwi Mahajoeno, M.Si.

edwimahadjoeno@staff.uns.ac.id

Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S.

parama_astirin@staff.uns.ac.id

Prof. Dr. Drs. Sugiyarto, M.Si.

sugiyarto67@staff.uns.ac.id

Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si.

agungbudiharjo@staff.uns.ac.id

Dr. Dra. Ratna Setyaningsih, M.Si.

ratna_s@staff.uns.ac.id

Dr. Ari Susilowati, S.Si., M.Si.

arisusilowati@staff.uns.ac.id

Dr. Shanti Listyawati, S.Si., M.Si.

shantilistyawati@staff.uns.ac.id

Dr.Prabang S.,S.Si.,M.Si.,C.EIA.,Ir.,IPM.

prabangsetyono@staff.uns.ac.id

Dr. Solichatun, S.Si., M.Si.

solichatun@staff.uns.ac.id

Dr. Nita Etikawati, S.Si., M.Si.

nitaetikawati@staff.uns.ac.id

Dr. Tetri Widiyani, S.Si., M.Si.

tetriwidiyani@staff.uns.ac.id

Dr. Widya Mudyantini, S.Si., M.Si.

widyamudyantini@staff.uns.ac.id

Dr. Artini Pangastuti, S.Si., M.Si.

artini_p@staff.uns.ac.id

Elisa Herawati, S.Si., M.Eng., Ph.D.

elisahera@staff.uns.ac.id

Atik Dwiningsih, A.Md.

Staf Administrasi S3 Biologi

Fasilitas

Ruang:

  1. Ruang Pengelola Administrasi
  2. Ruang Kepala Program Studi
  3. Ruang Kuliah
  4. Ruang Dosen
  5. Ruang Rapat
  6. Ruang Diskusi Mahasiswa
  7. Ruang Sidang

Laboratorium:

  1. Laboratorium Biologi
  2. Laboratorium Mikrobiologi
  3. Laboratorium Biologi Molekuler
  4. Laboratorium Kultur Jaringan
  5. Laboratorium Fisiologi
  6. Laboratorium Biokimia
  7. Laboratorium Pemeliharaan Tanaman dan Hewan
  8. Laboratorium Research

Peralatan Laboratorium:

  1. X-Ray Fluorescence Spectrometer (XRF)
  2. X-Ray Diffraction (XRD)
  3. Nuclear Magnetic Resonance (NMR)
  4. Surface Area Analyzer (SAA)
  5. Liquid Chromatography – Mass Spectrometer (LC-MS)
  6. Scanning Electron Microscope (SEM)
  7. Defferensial Thermal Analyzer (DTA)
  8. Gas Chromatography (GC)
  9. Direct Mercury Analyser (DMA)
  10. Fourier Transformed Infrared (FTIR)
  11. Particle Size Analyzer (PSA)

Download

Kerjasama

Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS telah menjalin kerjasama mutualisme dalam rangka kolaborasi dengan universitas mancanegara. Kondisi ini menunjukkan Program Studi Biologi Program Doktor mampu berada pada daya saing internasional. Tataran kerjasama dan aktivitas dosen Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS telah dilaksanakan bersama antara lain sebagai berikut:

  1. Osaka University Japan dalam rangka Research Collaboration yang berlangsung pada tahun 2018-2021
  2. Gakushuin University dalam rangka Research Collaboration yang berlangsung pada tahun 2018-2021
  3. Tokyo University dalam rangka Research Collaboration yang berlangsung pada tahun 2018-2021
  4. Bahir dar University Ethiopia dengan aktivitas International  research collaboration dan General Lecture dengan thema Application of Marker Assisted Selection (MAS) in cattle breeding yang dilakukan 2016 – 2021

Testimoni

Menempuh studi pada Program Studi Doktor Biologi FMIPA UNS menginspirasi saya untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan produk penelitian terdepan terutama dalam bidang Bioteknologi Lingkungan."

Muhammad Indrawan

Mahasiswa S3 Biologi

Prodi S3 Biologi memberi pelajaran tentang pentingnya kemandirian, kerja keras, dan kerjasama. Suasana perkuliahan yang menyenangkan dengan fasulitas yang sangat memadai membuat sesuatu yang rumit menjadi mudah dipahami."

Ari

Mahasiswa S3 Biologi

Program Studi S3 Biologi UNS memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan diri dalam penelitian, didukung oleh promotor yang supportif, mendorong saya menjadi peneliti yang mandiri dan inovatif."

Siti Gia Syauqiyah Fitri

Mahasiswa S3 Biologi

Prodi S3 Biologi menerapkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan keilmuan saat ini serta laboratorium yang memadai. Sehingga kami mengirimkan dosen prodi kami untuk melanjutkan studi di S3 Biologi."

Ratna Setyaningsih

Stakeholder

Saya bergerak di bidang ekologi, ketika saya mengambil program doktor Biologi FMIPA UNS, perkuliahan molekuler yang diberikan membuka cakrawala saya bahwa pendekatan moleluker dapat memberikan informasi yang sangat mendukung melengkapi perspektif pemahaman ekologi yang selama ini saya geluti."

Puguh Karyanto

Mahasiswa S3 Biologi

Beruntung saya studi di S3 Biologi FMIPA, karena disini saya mendapat kesempatan dibimbing oleh pakar-pakar dari bidang yang berbeda pada bidang konservasi, fisiologi tumbuhan, dan biologi molekuler. Dari sana saya mendapatkan perspektif baru tentang strategi konservasi maupun aspek aplikatif dari karakter simbiosis ini."

Ari Pitoyo

Mahasiswa S3 Biologi

Dengan mengambil Program Doktor Biologi di Fakultas MIPA UNS maka saya bisa mengembangkan bidang keilmuan Sistematika Tumbuhan yang menjadi minat saya karena dibimbing oleh para dosen yang mempunyai bidang keahlian yang mumpuni untuk bs mendukung penelitian disertasi saya yang komprehensif."

Suratman

Mahasiswa S3 Biologi

Melanjutkan studi di S3 Biologi UNS menyenangkan. Tanpa pendekatan molekuler saya bisa mengeksplore keingintahuan saya melalui pendekatan fisiologi-biokimia. Ini membuktikan ekplorasi masalah di biologi tidak harus dengan pendekatan molekuler. Pendekatan tradisional non molekuler masih layak dikembangkan."

Tjahjadi Purwoko

Mahasiswa S3 Biologi

Kontak Kami

Website Resmi

Klik 'Kunjungi Website' untuk mengunjungi Website Resmi Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS

Sekretariat Program Studi

Gedung C Lantai 2
Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Surami No. 36A, Jebres, Surakarta 57126
Telepon: (0271) 669376 / Fax. (0271) 663375
E-mail: info@mipa.uns.ac.id

Pendaftaran

Klik 'Kunjungi Website' untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Biologi Program Doktor Fakultas MIPA UNS