LIVING IN SOLO

FACULTY OF MIPA UNS

LIVING IN SOLO

Kehidupan di Solo

Solo merupakan kota strategis yang berada di Jawa Tengah. Meskipun tidak terlalu besar, namun Solo menyimpang berbagai macam hal yang membuatnya menjadi daya tarik bagi orang-orang dari berbagai daerah. Menjadi penghubung dua kota besar, Semarang dan Yogyakarta menjadikan Solo kota yang berkembang dengan pesat. Dengan slogannya Solo, Spirit of Java kota ini memang sudah menyihir jiwa banyak orang. Banyak orang masih bingung terhadap istilah Solo, Sala atau Surakarta. Solo, merupakan sebutan populer untuk Kota Surakarta. Bahkan, karena kelewat populernya, banyak yang mengira Surakarta itu bagian dari Solo, atau bahkan berada di luar Solo. Padahal, Surakarta adalah nama resmi yang digunakan untuk berbagai keperluan administratif tata pemerintahan/kenegaraan.

Akses Transportasi

Untuk bisa mencapai kota Surakarta bisa dilakukan dengan menggunakan jalur darat dan udara. Melalui akses darat bisa menggunakan transportasi mengunakan kerata api atau pun bus. Terminal Tirtonadi merupakan salah satu terminal terbesar dan representative yang ada di Indonesia. Mudah diakses dari manapun, baik dari arah timur, barat, utara maupun selatan. Dilengkapi juga dengan dua stasiun kereta api besar yaitu Stasiun Solobalapan dan Stasiun Purwosari untuk kereta lokal maupun kereta jarak jauh. Saat ini juga tersedia Kereta Rel Listrik (KRL) untuk relasi Solo-Yogyakarta dengan jadwal yang cukup dan memadai. Sementara akses transportasi udara didukung dengan keberadaan Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo (SOC) yang melayani penerbangan domestik dan Internasional.

Stasiun Kereta Api "Solo Balapan"

Terminal Bus Tipe A "Tirtonadi"

Bandar Udara "Adi Soemarmo"

Bus Tumpuk "Werkudara"

Sepur Kluthuk "Jaladara"

Railbus "Batara Kresna"

Stasiun Kereta Api Listrik (KRL)

Pariwisata

Solo atau Surakarta memiliki beberapa destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kota Solo terkenal dengan tempat-tempat bersejarah beserta beberapa peninggalannya. Walaupun tidak memiliki wilayah yang luas, Solo merupakan daerah strategis yang mudah diakses. Pasalnya, terdapat banyak pilihan akomodasi yang bisa digunakan apabila ingin berkunjung ke Solo. Lokasinya yang strategis, membuat Solo sering jadi tempat singgah. Solo identik dengan wisata budaya, sejarah, dan kulinernya. Selain itu, keramahan warganya membuat banyak wisatawan tertarik liburan di Solo.

Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Taman Taru Satwa Jurug

Taman Balekambang

Kampung Batik Laweyan

Pasar Barang Antik Triwindu

Pasar Malam Ngarsopuro

Oleh-Oleh Khas Solo

Jika sedang berkunjung ke kota Solo, cobalah mampir ke Pusat oleh–oleh Solo yang menjadi surganya belanja para wisatawan. Selain mendapatkan barang yang identik dengan kekhasan Kota Solo, kamu juga akan mendapatkan harga yang ramah dikantong alias murah-meriah. Dijamin bakal kalap berbelanja, tapi jangan lupa untuk menawar ya!

Beteng Trade Center (BTC)

Pusat Grosir Solo (PGS)

Pasar Klewer

Pasar Gede

Toko Oleh-Oleh Roti Orion

Toko Oleh-Oleh Srabi Notosuman

Toko Oleh-Oleh Abon Mesran

Toko Oleh-Oleh Roti Ganep's

Kuliner

Solo merupakan pusat kuliner khas. Hampir di setiap sudut kota, ada banyak penjaja kudapan hingga makanan tradisional. Beragam kuliner dan makanan khas Solo memang luar biasa banyak dan lezat. Dari tempat makan yang enak sampai tempat yang romantis. Rasakan nikmat dan lezatnya masakan yang tak lekang waktu di kota ini.

SELAT SOLO | Selama ini, gado-gado selalu dianggap sebagai salad orang Indonesia. Tapi, apakah kamu tahu bahwa Solo juga memiliki makanan khas yang menyerupai salad? Penyebutan “selat solo” berasal dari kata “selat” yang merupakan turunan dari kata “slaatje” dalam Bahasa Belanda yang berarti salad.

NASI SOTO | Salah satu kuliner yang wajib kamu coba adalah Nasi Soto. Soto Solo sendiri berisi nasi putih, sohun, ayam kampung suwir yang kemudian disiram kuah bening gurih. Kamu akan semakin lahap menyantap soto ini dengan tambahan lauk, seperti sate usus, sate telur puyuh, sosis Solo atau perkedel.

TIMLO | Timlo adalah sejenis sup berkuah kaldu bening dengan isi daging ayam suwir, potongan telur pindang, hati dan ampela, serta sosis Solo. Saat akan dinikmati, timlo bisa disantap polos dengan nasi putih atau disajikan bersama sambal dan perasan jeruk nipis.

ANGKRINGAN DAN WEDANGAN | Solo disebut sebagai pelopor angkringan yang kini banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, jangan beranjak dari kota ini sebelum mencicipi hidangan angkringan yang khas.

SATE BUNTEL | Sate buntel merupakan sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibuntel (dililit) pada lidi dan kemudian dibakar. Rasanya sangat gurih.

TENGKLENG | Tengkleng (sup dengan bahan utama tulang kambing) merupakan salah satu makanan khas di Solo. Tengkleng yang disajikan dengan bumbu rica-rica, tentu akan menambah selera makan bagi penggemar hidangan pedas.

BAKMI JAWA | Bakmi jawa atau mi jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmi Jawa adalah bakmi rebus. bakmi Jawa ini dikenal dengan sebutana mee rebus, akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mi goreng dari bakmi Jawa.

SATE KERE | Kata “kere” dalam bahasa Jawa memiliki arti miskin, jadi “sate kere” bisa diartikan sebagai sate miskin. Sate kere terbuat dari campuran tempe gembus (ampas keledai) dan jeroan sapi yang ditusuk, dibakar di atas arang, dan disiram bumbu kacang kental.

GUDEG CEKER | Menikmati gudeg rupanya tak melulu harus pergi ke Yogyakarta. Di Solo, ada satu penjual gudeg legendaris bernama Gudeg Ceker. Sesuai namanya, gudeg ceker andalah ceker yang dimasak dengan bumbu gudeg ini rasanya sangat lezat dengan tekstur ceker yang lunak. Selain itu, rasanya pun gurih sehingga berbeda dengan gudeg Jogja.

TAHU KUPAT | Mendengar nama “tahu kupat” mungkin kamu langsung berpikir tentang salah satu makanan khas Bandung. Meski namanya sama, rasa dan penyajian kupat tahu di Solo berbeda. Seporsi tahu kupat berisi potongan tahu goreng, ketupat, bakwan, mi kuning, kol, dan kacang goreng, lalu disiram kuah kacang bercampur kecap.

TAHU ACAR | Tahu acar sekilas mirip dengan bakmi toprak hanya saja, menggunakan acar mentimun sebagai isiannya. Kuah dari tahu acar berwarna coklat dan rasanya sedikit asam segar. Cocok dinikmati sebagai menu makan siang hari.

NASI LIWET | Nasi liwet solo dimasak oleh masyarakat yang tinggal di Desa Menuran, Sukoharjo, Jawa Tengah. Nasi liwet solo dimasak dengan campuran santan yang gurih. Biasanya disajikan dengan lauk opor ayam suwir, sambal goreng labu siam, dan areh santan. Areh santan terbuat dari endapan atau gumapalan santan yang menjadi ciri khas nasi liwet solo.

CABUK RAMBAK | Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Ditambahkan karak atau kerupuk nasi sebagai bahan pelengkapnya. Cabuk rambak biasanya disajikan dengan pincuk sebagai alasnya. Makanan ini cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau berat.

BUBUR LEMU | Bubur lemu bisa kamu nikmati sebagai menu sarapan yang mengenyangkan. Menyajikan bubur nasi yang dimasak dengan santan yang gurih. Sebagai isiannya, ada sambal goreng dengan bahan utama siam, tahu cina, kacang tolo, dan kerupuk kulit yang direbus hingga lembek.

CABUK RAMBAK | Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Ditambahkan karak atau kerupuk nasi sebagai bahan pelengkapnya. Cabuk rambak biasanya disajikan dengan pincuk sebagai alasnya. Makanan ini cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau berat.

TAHOK | Tahok atau kembang tahu merupakan jajanan tradisional khas Solo yang berbentuk seperti puding dengan tekstur yang lembur dan rasanya seperti kedelai. Kudapan ini disiram dengan kuah jahe dan kayu manis yang membuatnya terasa pedas manis. Cocok dinikmati saat musim hujan.

GEMPOL PLERET | Gempol Pleret sendiri merupakan adonan tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus.Kemudian adonan yang sudah dimasak tersebut kemudian disiram dengan santan yang sudah diberi air gula jawa. Untuk menambah kesegaran biasanya minuman ini ditambah es batu.

DAWET TELASIH | Siapa yang tak kenal es dawet? Jajanan legendaris ini cocok untuk menyegarkan dahaga di tengah teriknya cuaca Kota Solo. Untuk mendapatkan es dawet, datanglah ke Pasar Gede. Di pasar ini, ada banyak kedai yang menjual dawet enak.

WEDANG RONDE | Minuman khas Solo ini, juga punya manfaat untuk tubuh. Hangat air jahe dan sereh yang sudah dicampur gula dan terdapat mochi ketan, kacang tanah sangrai, roti tawar yang diiris dadu dan kolang kaling yang diiris tipis.

ES KAPAL | Minuman khas Solo ini sudah dikenal sejak tahun 1957. Terbuat dari campuran santan, serutan es, dan susu coklat dan disajikan dengan sepotong roti tawar diatasnya sebagai moncong kapal, karena mirip moncong kapal itulah es ini dinamai sebagai es kapal.