????????????????????????????????????
????????????????????????????????????
Pembicara pada Seminar Pemanfaatan Teknologi Nuklir untuk Kesejahteraan Manusia.

Dalam rangka lustrum ke-8 Universitas Sebelas Maret, Fakultas MIPA menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Nuklir dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Nuklir untuk Kesejahteraan Manusia.” Seminar yang diselenggarakan pada hari Kamis, 10 Maret 2011 bertempat di Ruang Sidang 2 Gedung Dr. Prakoso diikuti seratusan peserta yang berasal dari kalangan akademisi dan birokrasi di Surakarta dan sekitarnya.

Tampil sebagai pembicara utama adalah Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto, kepala Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dan Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D dari Universitas Sebelas Maret.

Dan dua orang pemateri masing-masing Dr. Hending Winarno, M.Sc., kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN dan Dr. Ir. Parjanto, M.P dari Fakultas Pertanian UNS.

Prof. Djarot dalam paparannya menyampaikan bahwa, salah satu manfaat nuklir untuk kesejahteraan manusia adalah Iradiator gamma, satu proses radiasi dalam satu fasilitas tetapi multiguna. Iradiator gamma adalah fasilitas nuklir dengan sumber radiasi sinar gamma terkendali yang dapat digunakan untuk proses sterilisasi dan dekontaminasi bahan dari bakteri, jamur, kuman dan serangga.

Iradiator gamma bisa dimanfaatkan untuk perpanjangan masa simpan pada ayam, ikan dan daging. Bisa juga dimanfaatkan untuk pencegahan pertumbuhan tunas (bawang, kentang, ubi, jahe dll), reduksi pathogen pada bumbu masakan dan banyak lagi manfaat yang lain.

“Diharapkan dari seminar ini akan tumbuh kesadaran di kalangan masyarakat, bahwa nuklir adalah teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.” Demikian disampaiakan Prof. Ir. Ari Handono Ramelan selaku dekan FMIPA sekaligus ketua panitia lustrum UNS bidang ilmiah pada sambutan penutupan seminar.  []