Hamzah ITKuliner merupakan salah satu potensi terbesar pariwisata Solo. Hal inilah yang mendorong Hamzah, Amelia dan Ely Desiana membuat sebuah aplikasi untuk ponsel android yang diberi nama Mangan, kependekan dari Mobile Pangan. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Playstore mulai 1 Agustus 2016.

Kala berbincang dengan media pada hari Selasa, 2 Agustus 2016 di ruang Humas, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Hamzah mengatakan bahwa awal terciptanya Mangan bermula dari kemenangan mereka dalam kompetisi yang diadakan oleh salah satu provider kartu seluler.

“Sekitar bulan Mei lalu, kita ikutan UNS Global Challenge, dan menang untuk kategori Pariwisata. Di situ kita diminta memikirkan sebuah solusi permasalahan pariwisata. Apa sih yang menarik dari Solo, dan bisa dikembangkan untuk menunjang pariwisatanya, akhirnya kita nemu kuliner yang menurut kita potensial banget untuk digarap,” ujar mahasiswa semester 8 Jurusan Informatika ini.

Aplikasi Mangan bertujuan untuk mengekspos potensi wisata kuliner di Solo dengan membuat semacam review. Mangan dilengkapi dengan informasi lokasi, kontak, menu makanan juga harga.

“Jadi kita mau bantu pengguna, baik yang asli orang Solo maupun pendatang yang kepingin cari referensi kuliner. Di Mangan komplit banget, jadi sebelum sampai tempatnya, kita udah punya gambaran soal rasanya juga harga,” tambah Amelia.

sumber : koranjitu.com