kuliah-pakar-2Selama empat hari dari hari Senin-Kamis, 24-27 Oktober 2016 Dosen dan Mahasiswa Statistik FMIPA UNS bekesempatan untuk memperdalam ilmu satatistik dan terapannya bersama pakar Statistik Terapan dan Data Analitik Dr. Paulo Canas Rodrigues dari University of Tampere, Finlandia di Ruang Sidang Gedung C FMIPA.

Dr. Paulo Canas Rodrigues saat ini menjabat sebagai Direktur Riset Center for Applied Statistics and Data Analytics at (CAST) University of Tampere, disamping itu beliau juga sebagai anggota dewan International Society for Business and Industrial Statistics (ISBIS).

Beberapa materi yang disampaikan oleh Dr. Paulo diantaranya adalah Lecture on Regression Analysis and Application, An Introduction to Robust Statistics and Statistical Genetics, An Introduction to Singular Spectrum Analysis serta dilanjutkan dengan diskusi bersama tenaga pengajar dan mahasiswa.

Sementara pada hari ketiga dan keempat diadakan workshop Application of Big Data and Internet of Things. Internet of Things (IoT) merupakan salah satu alat teknologi yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi dalam banyak  bidang termasuk aplikasi statistik. Beberapa bidang yang telah mengimplementasikan IoT diantaranya adalah konsep kota pintar (Smart City), berguna untuk pengaturan kota seperti memonitor lokasi parkir, gedung atau bangunan, memonitor kepadatan kendaraan secara real-time, dan memonitor pejalan kaki. Sementara di bidang kesehatan umumnya digunakan untuk deteksi kesehatan seseorang seperti memontior kondisi pasien mulai dari detak jantung, tekanan darah, dan pernafasan, mengukur cahaya UV, memonitor badan saat berolah raga, dan deteksi kesehatan untuk orang yang telah lanjut sia.

Diharapkan dari kuliah pakar dan workshop ini akan menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dan dosen pada bidang aplikasi statistik. [m2]