Bisa  mengikuti kegiatan akademik di luar negeri merupakan capaian yang luar biasa bagi seorang mahasiswa. Untuk itu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelengarakan lokakarya bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kegiatan akademik ke luar negeri. Acara yang bertajuk Lokakarya Kiat-kiat Peraihan Beasiswa UNS Global Chalengge ini diselenggarakan pada Rabu (7/11/2018) di UNS Inn menghadirkan pembicara Dr. Eng. Risa Suryana, M.Si dan Sulistyo Joko Wahyudi, S.T  dari International Office UNS serta menghadirkan tiga orang mahasiswa yang telah suskses mengikuti program Global Chalenge untuk memberikan motivasi.

Dari kiri ke Kanan, Sulistyo Joko Wahyudi, S.T. Dr. Venty Suryanti, M.Phill (moderator) dan Dr. Eng. Risa Suryana ketika memberikan materi pada acara Lokakarya di UNS Inn hari Rabu (7/11/2018).

Dalam paparannya, Dr. Risa mengatakan bahwa salah satu momok bagi mahasiswa untuk mengikuti program ini adalah kemampuan bahasa. Maka salah satu kiat untuk mengatasi kendala bahasa menurut Risa adalah dengan berlatih berkomunikasi mengguanakn bahasa inggris.

“Bentuklah komunitas untuk membiasakan berbicara dalam bahasa inggris. Latih dan asah terus kemampuan berkomunikasi”, ujar nya.

Sementara itu, program Global Challenge ini terbuka untuk semua mahasiswa baik untuk mengikuti seminar maupun short course. Adapun biaya yang di tanggung oleh program ini meliputi, tiket perjalanan, biaya hidup selama menjalankan program (living cost) dan biaya registrasi.

Ada beberapa kiat yang bisa ditempuh mahasiswa agar lolos program ini, diantaranya adalah niat yang sungguh-sungguh. Selain itu juga harus ada kesesuaian program yang hendak kita ikuti dengan yang kita siapkan dari sini. Disamping itu mahasiswa juga perlu memperisapkan dokumen pendukung yang diperlukan, dan yang tidak kalah penting adalah harus percaya diri. [MnR]