Program Studi Ilmu Lingkungan saat ini masih sangat menjanjikan karena di Indonesia baru ada tiga perguruan tinggi yang membuka program studi tersebut, salah satunya di Universitas Sebelas Maret (UNS). Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Rabu, 23 Januari 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS mendapat kunjungan dari Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan (Uniku) Jawa Barat untuk studi banding pendirian program studi baru ilmu lingkungan.

Rombongan yang terdiri dari Dekan, Waki Dekan dan Kepala Lab Konservasi diterima oleh Dekan FMIPA beserta jajarannya dan juga Kepala Program Studi Ilmu Lingkungan FMIPA UNS dan dewan dosen  di Ruang Sidang 2 Gedung C.

Kunjungan dari Fakultas Kehutanan Uniku dimaskudkan untuk memperoleh informasi berkaitan dengan pendirian program studi baru, dalam hal ini adalah prodi Ilmu Lingkungan, karena dianggap UNS telah berhasil mendirikan program studi dimaksud. Karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi ketika sebuah universitas akan mendirikan prodi baru, diantaranya adalah adanya ciri khusus dari prodi yang didirikan, kurikulum yang diajarkan, profil lulusan yang diharapkan serta harus sudah menyusun panduan praktikum.

Pimpinan Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan (UNIKU) tengah mendengarkan paparan dari Pimpinan FMIPA UNS dalam kunjungan studi banding di R. Sidang 2 Gd C FMIPA UNS pada Rabu (22 Januari 2019)

“Kami berharap dengan kunjungan ke FMIPA UNS ini akan mendapatkan wawasan dan gambaran hal-hal apa saja yang harus dipenuhi untuk mendirikan prodi lingkungan di tempat kami,” Ujar Dekan Fakultas Kehutanan Uniku, Dr. Toto Supartono , S.Hut. M.Si

Sementara itu dalam sambutannya Dekan FMIPA UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. (Hons) Ph.D berharap kunjungan dari Fakultas Kehutanan Uniku tidak hanya sampai disini, namun juga diharapkan bisa berlanjut dengan menjalin kerjasama yang lebih intensif dan berkelanjutan. [Mnr/MIPA]