FMIPA UNS – Untuk memperkenalkan hasil karya tugas akhir mahasiswa kepada masyarakat luas, Program Sudi (Prodi) D3 Teknik Informatika (TI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan SMART IT Fest 2019. Pameran karya tugas akhir ini diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 19 – 21 September 2019 di Atrium Hartono Mall Solo Baru.

Sebagaimana disampaikan oleh Hartatik, M.Si selaku Kepala Prodi D3 TI bahwa pelaksanaan pameran tugas akhir ini sudah berjalan sejak tahun 2008. Pemilihan tempat pameran di Mall dimaksudkan untuk lebih mengenalkan produk mahasiswa kepada masyarakat, karena mall adalah tempat berkumpulnya orang.

“Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah sebagai sarana pengenalan produk hasil karya mahasiswa pada masyarakat, instansi, dan dunia usaha,” ujar Hartatik 

Ada banyak produk dari mahasiswa yang ditampilkan dalam pameran, diantaranya adalah aplikasi tempat wisata, aplikasi pencarian dokter dan lain sebagainya. Salah satu produk yang menjadi favorit pengunjung adalah Virtual Reality (VR) Museum Sangiran. Dengan teknologi ini (VR) pengunjung diajak untuk merasakan sensasi menjelajah peninggalan fosil purba dan proses punahnya gajah purba. Untuk menikmatinya pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Venty Suryanti mengapresiasi penyelenggaraan Smart IT Fest 2019.

“Diharapkan dengan acara ini bisa menambah minat anak-anak SMA untuk belajar dan kuliah di UNS. Juga memperkenalkan kepada dunia usaha dan isntansi bahwa produk mahasiswa UNS menarik dan punya nilai komersial,” ujar Prof. Venty.

Saat ini produk atau hasil karya dari mahasiswa sudah dipakai di beberapa instansi seperti di Museum Sangiran, RSUD Sukoharjo, instansi Pemda dan lain-lain. Ini membuktikan bahwa hasil karya mahasiswa sudah mendapat pengakuan dari masyarakat. Bahkan ada beberapa karya yang sudah mendapatkan hak cipta.

Rangkaian kegiatan SMART IT FEST 2019 selama 3 hari dari tanggal 19-21 September 2019 meliputi Expo Tugas Akhir D3 TI, Seminar IT Nasional (19/9/2019), Internet of Things (20/9/2019), STARTUP (21/9/2019) dan IT COMPETITION (19/9/2019). [Mnr/MIPA]