FMIPA UNS – Dengan pelatihan, otak dapat berkembang. Demikian penggalan statemen yang disampaikan Prof. Allan Leslie White, pakar pendidikan dan pengajaran dari Australia ketika mengisi Seminar  di The Royal Surakarta Heritage pada hari Sabtu (12/10/2019). Seminar dihadiri oleh dosen prodi Matematika dan ratusan mahasiswa dari berbagai angkatan. Seminar ini dimaksudkan sebagai Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pendidikan di Bidang Matematika berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dan Kurikulum 4.0.

Dalam materinya Prof. Allan mengatakan bahwa otak dapat berkembang sehingga orang bisa menjadi pintar. Perkembangan otak bisa dilatih dengan problem solving, untuk itu mahasiswa harus banyak latihan agar bisa memahamai suatu topik dengan baik.

Prof. Allan Leslie White memberikan materi pada Seminar Pengajaran dan Pendidikan Matematika di The Royal Heritage Surakarta pada hari Sabtu (12/10/2019)

Prof. Allan menyoroti kompleksitas yang dihadapi oleh para dosen dimana saat ini diharapkan tetap berada di garis terdepan perubahan.  Mahasiswa dan dosen harus bisa memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran seperti penggunaan internet, komputer atau handphone. Dengan pemanfaatan teknologi diharapkan kreatifitas dosen dan mahasiswa bisa berkembang.

Diharapkan dari seminar ini ada peningkatan kualitas pengajaran dan pendidikan serta penyusunan kurikulum prodi matematika berdasarkan HOTS (High Order Thinking Skills). [Mnr/Mipa]