FMIPA UNS – Beta-coco adalah serbuk air kelapa muda yang diperkaya dengan beta-glukan sebagai suplemen pencegah komplikasi kehamilan dan persalinan. Ibu hamil mengalami fluktuasi kerja sistem imun sehingga terdapat fase-fase tertentu yang rawan penyakit degeneratif terkait imunitas. Selain mikronutrien, ibu hamil juga memerlukan asupan serat pangan yang cukup. Salah satu jenis serat pangan yang potensial untuk dikonsumsi ibu hamil yakni beta-glukan.

Demikian dikatakan oleh Yochidamai Akhsanitaqwin dihadapan dewan juri Pemilihan Mahasiswa berprestai tingkat Fakultas MIPA di R. Sidang Gedung C pada hari Rabu, 19 Februari 2019. Yochidamai adalah mahasiswa Program Studi Biologi angkatan 2017. Kepeduliannya pada kesehatan ibu hamil membuatnya melakukan penelitian tentang nutrisi yang baik dan tepat untuk ibu hamil. Dan berkat penelitiannya ini (Beta-Coco), mengantarkannya meraih juara pertama.

Juara I Pilmapress Fakultas MIPA (Yochidamai A) dan Juara II Muhammad Shalahuddin A berkesempatan foto bersama dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Dr. Fahru Nurosyid, M.Si

Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas MIPA diikuti oleh 8 peserta. Jumlah ini sesuai dengan banyaknya program studi yang ada, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Farmasi, Statistika dan Ilmu Lingungan. Sebelum penilaian presentasi, dilakukan penilaian berkas meliputi penilaian prestasi unggul, karya tulis dan juga IPK. Pada penilaian presentasi juga dilakukan penilaian kemampuan bahasa inggris peserta.

Disamping juara pertama, dewan juri juga menentukan jura kedua, Muhammad Shalahuddin A. dari prodi Fisika. Selain mendapatkan piala dan piagam, untuk juara pertama dan kedua juga mendapatkan uang pembinaan. [MnR/MIPA]