FMIPA UNS – Sebanyak 57 orang Guru Matematika SMP dari Kabupaten Nganjuk mendatangi FMIPA UNS dalam rangka Bimbingan Teknis Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Joyfull learning adalah Strategi pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dinikmati oleh siswa, dimana siswa merasa nyaman, aman dan mengasyikkan. Diharapkan dengan Joyfull Learning peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran Matematika.

Bimtek yang diselenggarakan pada hari Kamis (27/08/2020) menghadirkan dua narasumber yaitu Vika Yugi Kurniawan, S.Si., M.Sc dan Dr. Sutanto, S.Si, DEA dosen Prodi Matematika.

Vika menyampaikan materi tentang pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik di kelas. Salah satu nya adalah dengan menggunakan smartphone sebagai sarana pembelajaran. Dengan pembelajaran yang interaktif menjadikan siswa tidak bosan.

Sementara Dr. Sutanto   pada sesi kedua menyampaikan materi tentang Merdeka Belajar Matematika. Menurutnya semua bisa mengajarkan matematika dengan cara sederhana dan merdeka. Matematika terlihat sulit karena memang cara mengajarkannya dibuat sulit. Padahal banyak kejadian di sekitar kita yang bisa dikaitkan dengan matematika.

Diharapkan setelah mengikuti Bimtek ini bisa membuka wawasan para guru matematika untuk mengajar dengan menyenangkan. Sehingga mampu membangkitkan minat dan keterlibatan penuh siswa dalam belajar. [MnR/MIPA]