FMIPA UNS – Terkait issue terkini virus Covid-19, Dosen Prodi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) mengedukasi para siswa SD Lazuradi Kamila Surakarta tentang mencuci tangan yang baik dan benar. Acara ini berlangsung pada hari Selasa (10/03/2020) di SD Lazuardi Kamila Banjarsari Surakarta.

Sebagaimana dikatakan oleh Syaiful Choiri, dosen Prodi Farmasi bahwa self sanitation and hygiene, diawali dari budaya cuci tangan. Cuci tangan yang baik dan benar akan memberikan proteksi yang optimal terhadap bakteri dan kuman. Apalagi hal ini terkait issue yang tengah berkembang saat ini yaitu virus Corona (Covid-19) dimana transmisi penularannya selain dari droplet bisa juga terjadi dari kontaminasi tangan.

“Sehingga perlu ditanamkan sejak dini kepada para siswa terkait cuci tangan yang baik dan benar,” ujar Syaiful lebih lanjut.

Selain cara cuci tangan yang baik dan benar juga diberikan informasi tentang kapan dan dengan apa cuci tangan tersebut. Para siswa juga diberikan informasi tentang cara meningkatkan sistem imun melalui gizi seimbang dimana hal ini disampaikan sebagai salah satu proteksi terhadap virus Covid-19. Pemakaian masker yang baik dan benar juga disampaikan kepada siswa oleh dosen farmasi.

Diakhir acara dibagikan hand sanitizer kepada sekolah secara gratis untuk dipasang dimasing-masing kelas sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya bersih yang dimulai dari diri sendiri. Hand Sanitizer yang dibagikan adalah produksi dari Lab Farmasi Fakultas MIPA. [MnR/MIPA]

Hand Sanitizer “SMARTKLIN” produksi Lab Farmasi FMIPA UNS