Matematika

A. Pendahuluan
Program Studi Matematika FMIPA UNS merupakan embrio berdirinya FMIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982. Diawali dengan merintis kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP) Australia pada tahun 1986-1994 dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika. Bentuk kerjasama antara lain berupa kegiatan technical assistance untuk proses belajar mengajar serta materi dan rancangan kurikulum untuk bidang riset operasi. Rintisan kerjasama inilah yang pada akhirnya dapat menjembatani berdirinya Program Studi Matematika di Program Studi Teknik Sipil UNS berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 206/D2/1989 tanggal 26 Januari 1989. Selanjutnya pada tanggal 12 Juli 1995 diusulkan kepada Dirjen Dikti tentang pendirian FMIPA UNS, yang pada akhirnya Mendikbud menerbitkan SK berdirinya FMIPA UNS dengan Program Studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 1 Oktober 1996 Nomor 0297/0/1996.
Adapun faktor yang mendorong dibukanya Program Studi Matematika FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu dasar, yang menunjang perkembangan teknologi serta sumber daya manusia yang potensial.

B. Visi dan Misi Program Studi Matematika
Sebagai salah satu program studi di FMIPA UNS maka visi, misi, tujuan serta arah pengembangan Program Studi Matematika mengacu kepada Renstra yang telah digariskan oleh FMIPA UNS. Adapun dalam proses penyelenggaraan pembelajaran, sistem pengembangan sumber daya manusia beserta sarana dan prasarana berikut mekanisme kerja Program Studi mengacu pada visi, misi dan tujuan Program Studi Matematika FMIPA UNS.

Visi :
Menjadi pusat pembelajaran, pengkajian, pengembangan matematika dan penerapannya yang unggul pada tingkat internasional dengan berlandaskan pada pilar falsafah ilmu pengetahuan.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada mahasiswa dan pengembangan diri dosen serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Membekali lulusan agar memiliki pemikiran matematis, memiliki kreativitas dan inovasi tinggi dan memiliki berbagai alternatif pemecahan masalah, berkomunikasi ilmiah secara lisan maupun tulisan, berkemampuan mengembangkan diri dan potensinya.
  3. Mengembangkan penelitian bidang matematikadan penerapannya yang pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.
  4. Memberdayakan networking dengan alumnida­lam meningkatkan pe­ran lembaga.
  5. Membangun inisiatif kerja sama dengan lembaga lain baik lokal, regional, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan relevansi lulusan dan pencitraan lembaga.

Tujuan :

Program Studi Matematika memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap civitas akademika.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; yang mandiri dengan daya saing tinggi; serta berkemampuan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Menghasilkan outputpenelitian matematika dan penerapannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
  4. Mengoptimalkan peran-serta alumni dalam penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Matematika FMIPA UNS serta citra diri, promosi dan publikasi program studi di dunia kerja, stakeholders, dan masyarakat luas.
  5. Menciptakan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri baik nasional maupun internasional.

webiste : http://math.mipa.uns.ac.id