Muslimah Scientist Mengadakan Kajian Mental Health Bagi Maru

FMIPA UNS – Muslimah Scientist berkolaborasi dengan Karimah Sie Kerohanian Islam (SKI) Masjid FMIPA Mengadakan Kajian Mental Health bagi Mahasiswa Baru (MARU) angkatan 2024 dengan tema Welcome MARU : Siap Dewasa dan Adaptif Memasuki Dunia Kampus. Kajian dilaksanakan di Masjid FMIPA lantai 1 pada hari Jumat (27/9/2024) diikuti oleh mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FTISD) UNS.

Materi kajian disampaikan oleh dr. Rida Yessynta , residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Psikiatri RSUD Dr Moewardi. Dalam materinya dr. Rida mengajak peserta untuk mengenali stress, karena ada stress yang bersifat positif dan stress yang bersifat negatif. Stress mempengaruhi berbagai proses metabolisme dalam tubuh dan menyebabkan gangguan perilaku.

Lebih lanjut dr. Rida menunjukkan salah satu ayat dalam Al Quran yaitu surat al Baqarah ayat 214, yang dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan manajemen stress secara spiritual dengan  mengingat bahwa pertolongan Allah itu dekat.

Tidak lupa dr. Rida juga berbagi tips untuk menghindari stress. Diantaranya tips yang beliau sampaikan adalah dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat, tidur dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, selalu berfikiran positif, melakukan kegiatan yang menyenangkan, dan jangan terpaku pada rutinitas.

Pesan penutup yang disampaikan oleh beliau adalah “Hiduplah Bahagia, Sadari bahwa Diri kita itu berharga”. [Humas Fakultas MIPA UNS]

Scroll to Top