PROFIL GURU BESAR

FAKULTAS MIPA UNS

PROFIL GURU BESAR

Prof. Dra. Nurul Muchlisah, M.S.

Guru Besar Bidang Matematika

Prof. Nurul Muchlisah merupakan Guru Besar pertama Fakultas MIPA yang lahir di Yogyakarta pada tahun 1936. Beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Program Studi Matematia FMIPA UNS dan purna tugas pertanggal 1 Nopember 2006.

Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Moleculer

Prof. Suranto merupakan Guru Besar ke-dua Fakultas MIPA yang lahir di Surakarta pada tahun 1957. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2004 yang berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2004. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Biologi FMIPA UNS.

Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Genetika Moleculer

Prof. Sutarno merupakan Guru Besar ke-tiga Fakultas MIPA yang lahir di Boyolali pada tahun 1960. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2005 yang berlaku mulai tanggal 1 Juli 2005. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Program Studi Biologi FMIPA UNS.

Prof. Dra. Neng Sri Suharty, M.Sc., Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Polimer Organik

Prof. Neng Sri Suharty merupakan Guru Besar ke-empat Fakultas MIPA yang lahir di Aceh Tengah pada tahun 1949. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2005 berlaku mulai 1 Desember 2006. Beliau tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA dan purna tugas per tanggal 1 September 2019.

Prof. Drs. Sentot Budi Rahardjo, Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Koordinasi

Prof. Sentot Budi Rahardjo merupakan Guru Besar ke-lima Fakultas MIPA yang lahir di Surakarta pada tahun 1956. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2009 yang berlaku mulai tanggal 1 Juli 2009. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA UNS.

Prof. Dr. Dra. Okid Parama Astirin, M.S.

Guru Besar Bidang Ilmu Struktur Perkembangan Hewan

Prof. Okid Parama Astirin merupakan Guru Besar ke-enam Fakultas MIPA yang lahir di Yogyakarta pada tahun 1963. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2010 yang berlaku mulai tanggal 1 April 2010. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Biologi FMIPA UNS.

Prof. Dr. Drs. Sugiyarto, M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Konservasi

Prof. Sugiyarto merupakan Guru Besar ke-tujuh Fakultas MIPA yang lahir di Klaten pada tahun 1967. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2011 yang berlaku mulai tanggal 1 Mei 2011. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Program Studi Biologi FMIPA UNS.

Prof. Ir. Ari Handono R., M.Sc.(Hons)., Ph.D.

Guru Besar Bidang Fisika

Prof. Ari Handono Ramelan merupakan Guru Besar ke-delapan Fakultas MIPA yang lahir di Surakarta pada tahun 1961. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2011 dan berlaku mulai 1 Desember 2011. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Fisika FMIPA UNS.

Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Matematika Diskrit

Prof. Tri Atmojo Kusmayadi merupakan Guru Besar ke-sembilan Fakultas MIPA yang lahir di Surakarta tahun 1963. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2013 yang berlaku mulai 1 Oktober 2013. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Matematika FMIPA UNS.

Prof. Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Kuantum

Prof. Soeparmi merupakan Guru Besar ke-sepuluh Fakultas MIPA yang lahir di Sragen pada tahun 1952. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2014 yang berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2014. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Fisika FMIPA UNS.

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.

Guru Besar Bidang Ilmu Kuantum Optik

Prof. Cari merupakan Guru Besar ke-sebelas Fakultas MIPA yang lahir di Pemalang pada tahun 1961. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2014 yang berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2014. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Fisika FMIPA UNS.

Prof. Dr. Drs. Wiryanto, M.Si.

Guru Besar Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Tawar

Prof. Wiryanto merupakan Guru Besar ke-dua belas Fakultas MIPA yang lahir di Sragen pada tahun 1953. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2018 yang berlaku mulai 1 Desember 2017. Beliau sebagai tenaga pengajar di Prodi Biologi FMIPA UNS dan purna tugas mulai 29 Maret 2018.

Prof. Dr. Drs. Sunarto, M.S.

Guru Besar Bidang Ilmu Ekologi

Prof. Sunarto merupakan Guru Besar ke-tiga belas Fakultas MIPA yang lahir di Semarang pada tahun 1953. Gelar Profesor beliau peroleh tahun 2018 yang berlaku mulai 1 Maret 2018. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Ilmu Lingkungan FMIPA UNS.

Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D.

Guru Besar Bidang Kimia Organik Sintesis & Bio Organik

Prof. Venty Suryanti merupakan Guru Besar ke-empat belas Fakultas MIPA yang lahir di Wonogiri pada tahun 1953. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2018 yang berlaku mulai 1 Oktober 2018. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA UNS.

Prof. Dr. Drs. Pranoto, M.Sc.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Lingkungan Air

Prof. Pranoto merupakan Guru Besar ke-lima belas Fakultas MIPA yang lahir di Banjarmasin pada tahun 1954. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2019 yang berlaku mulai 1 Agustus 2019. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA UNS.

Prof. Dr. Eng. Budi Purnama, S.Si., M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Bahan Magnetik

Prof. Budi Purnama merupakan Guru Besar ke-enam belas Fakultas MIPA yang lahir di Klaten pada tahun 1973. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2019 yang berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2019. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Fisika FMIPA UNS.

Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia

Prof. Eddy Heraldy merupakan Guru Besar ke-tujuh belas Fakultas MIPA yang lahir di Klaten pada tahun 1964. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2019 yang berlaku mulai tanggal 1 Nopember 2019. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA UNS.

Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia

Prof. Fitria Rahmawati merupakan Guru Besar ke-delapan belas Fakultas MIPA yang lahir di Klaten pada tahun 1975. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2021 yang berlaku mulai tanggal 1 Juli 2021. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia FMIPA UNS.

Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si., M.Si.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia

Prof. Sayekti Wahyuningsih merupakan Guru Besar ke-sembilan belas Fakultas MIPA yang lahir di Klaten pada tahun 1964. Gelar Profesor beliau peroleh pada tahun 2019 yang berlaku mulai tanggal 1 Nopember 2019. Saat ini beliau tercatat sebagai tenaga pengajar di Prodi Kimia.