KERJASAMA

FAKULTAS MIPA UNS

kerjasama

Akademi Angkatan Udara (AAU)
Republik Indonesia

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
(LAPAN) Republik Indonesia

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)
Republik Indonesia

Perusahaan Meiwa, Co. Ltd.
Jepang

PT Dirgantara Indonesia
Republik Indonesia

Akademi Angkatan Udara (AAU)
Republik Indonesia

Dalam praktik penyelenggaraan pendidikan, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret sebagai sebuah organisasi pendidikan tinggi yang bermutu, memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, dalam peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi penjajakan kerja sama perlu dilakukan. Saling berbagi kekuatan, baik itu sumber daya manusia, sistem pendidikan, dan lain-lain. Saling berbagi untuk kemajuan pendidikan tinggi.

Kerja sama yang dilakukan perguruan tinggi penting dilaksanakan untuk menyiapkan mahasiswa yang siap pakai. Lulusan yang memiliki kompetensi dan memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk itu, perguruan tinggi perlu membuat perencanaan kerja sama yang sesuai dengan profil program studi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi. 

Selain itu, kerja sama juga menguntungkan perguruan tinggi dalam hal promosi, reputasi, kepercayaan, networking, kontribusi bagi masyarakat dan industri serta menimbulkan kepercayaan diri mahasiswa.

Dalam menjalin hubungan baik dengan pihak luar perlu mengutamakan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan, mempertimbangkan keberagaman budaya, mengutamakan kepentingan nasional dan kontribusi pada peningkatan daya saing bangsa, berbasis indikator kinerja, efektif, dan efisien.

 

DAFTAR KERJASAMA NASIONAL DAN INTERNASIONAL
FAKULTAS MIPA UNS