FMIPA UNS РFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Surakarta kembali menyelenggarakan Seminar  Internasional, International Conference On Advanced Material For Better Future 2020 (ICAMBF 2020). Seminar ini diselenggarakan selama dua hari mulai hari Selasa-Rabu (13-14 Oktober 2020) secara daring.

Dalam sambutannya, Prof. Ari Handono Ramelan selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk mengkomunikasikan hasil penelitian para ilmuwan, pakar dan juga pendidik serta sarjana. Juga sebagai forum  untuk berbagi ide dan pengetahuan tentang semua aspek bahan canggih dan nanoteknologi untuk didiskusikan dan selanjutnya mencari solusi yang dapat diadopsi.

Karena kondisi pandemic Covid-19, konferensi atau seminar kali ini diadakan melalui webinar. Meski diadakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, namun tidak mengurangi minat para peserta untuk mengikuti acara ini. Sebanyak 142 orang mengikuti seminar dengan paper yang dipresentasikan sebanyak 78 buah.

Menghadirkan pembicara utama dari dalam dan luar negeri diantaranya adalah Prof. Roger Narayan dari North Caroline University, USA; Prof. Hanafi Ismail (Universiti Sains Malaysia, Malaysia); Prof. Yuichi Sato (Akita University, Japan) dan  Prof. Ir. Ari Handono Ramelan M.Sc.(Hons), Ph.D (Department of Physics, Universitas Sebelas Maret). Keempat pembicara tersebut akan membawakan materi seminar pada hari pertama.

Sementara pada hari kedua dijadwalkan sebagai pemateri utama seminar adalah Lars Jorgensen dari ThorCon, USA; Prof. Venty Suryanti, M.Phil., Ph.D. (Universitas Sebelas Maret, Indonesia); Prof. Dr. B. Muthuraaman (Department of Energy, University of Madras Guindy, India); Mayor Lek Dr. Hendri Himawan T., S.T., M.Eng. (Indonesian Air Force Army); dan Prof. Santiago Gomez Ruiz (Rey Juan Carlos University, Spain).

Disamping seminar utama juga ada parallel session dengan masing-masing tema yang berbeda. Seminar Internasional ini merupakan agenda rutin tahunan dimana pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima. [MnR/Mipa]