PROGRAM STUDI S1 FARMASI

FAKULTAS MIPA UNS

PROGRAM STUDI S1 FARMASI

Selamat datang di halaman web Program Studi S1 Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah  bereputasi internasional  didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Universitas Sebelas Maret telah mencanangkan untuk menjadi World Class University (WCU). Pendirian Program Studi S1 Farmasi akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Farmasi.

Hormat Kami,

Dr. rer. nat. apt. Saptono Hadi, S.Si., M.Si.
Kepala Program Studi S1 Farmasi FMIPA UNS

Dr. rer. nat. apt. Saptono Hadi, S.Si., M.Si.

Kepala Program Studi S1 Farmasi Fakultas MIPA UNS

Gambaran Umum

NO IMAGES

Program Studi (PS) S1 Farmasi merupakan program studi ke-8 di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS), yang berdiri pada tanggal 22 Mei 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 209/E/O/2013. PS S1 Farmasi FMIPA UNS didirikan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga farmasis yang unggul serta atas dorongan kemampuan UNS baik SDM maupun sarana prasarana. Sejak 2019, PS S1 Farmasi FMIPA UNS sudah berstatus terakreditasi B (Baik) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) berdasarkan SK No. 0201/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2019. PS S1 Farmasi FMIPA UNS menjadi anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) yang ke-88, dan duduk sebagai anggota Majelis APTFI periode 2019-2023.

Keunggulan dan Spesifikasi

PS Farmasi FMIPA UNS membangun diri sebagai institusi pendidikan yang mencetak lulusan sarjana yang memiliki kompetensi yang bersifat general pharmacy dengan mengakomodasikan keunggulan bidang sains-teknologi dan keunggulan yang berorientasi farmasi klinik-komunitas. PS juga membangun lulusan yang berjiwa kewirausahaan dan kemampuan melakukan praktek kefarmasian yang berorientasi komunitas. PS juga mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam membentuk karakter lulusan. Dalam aktivitas riset, PS mendorong pengembangn natural medicine dan natural cosmetics product, pengembangan formulasi dan metode analisis fitofarmaka, obat generik, kosmetika, dan vaksin, serta kajian uji pra-klinik dan uji klinik obat bahan alam dan obat sintesis, termasuk di dalamnya evaluasi penggunaan obat, analisis rasionalitas, aspek farmakovigilans, dan farmakoekonomi terapi obat.

Akreditasi

NO DATA

Visi

“Menjadi program studi bereputasi internasional, menghasilkan sarjana farmasi yang kompeten dalam bidang sains-teknologi dan klinik-komunitas, dilandasi nilai luhur budaya nasional”

Misi dan Tujuan

Misi:

Tujuan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana farmasi yang kompeten dalam bidang sains-teknologi dan klinik-komunitas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan serta menghasilkan berbagai inovasi unggul dalam bidang kefarmasian.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian di bidang kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Membangun kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan stakeholders baik nasional maupun internasional dalam rangka mewujudkan tridharma perguruan tinggi.
  1. Dihasilkannya sarjana farmasi yang kompeten dalam bidang sains-teknologi dan klinik-komunitas.
  2. Dihasilkannya produk penelitian yang mendukung pelaksanaan pendidikan serta pengembangan ilmu kefarmasian dan kesehatan pada umumnya.
  3. Tersebarluaskannya hasil penelitian bidang kefarmasian yang berdaya guna  dan berhasil guna dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terwujudnya kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan stakeholders baik nasional maupun internasional dalam upaya mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

Profil Lulusan

Dosen/Pendidik

Peneliti

Tenaga Ahli

Konsultan

  1. Pelaksana pelayanan farmasi klinik dan komunitas :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian pelayanan farmasi klinik dan komunitas di fasilitas apotek, instalasi farmasi RS, puskesmas, dan klinik
  2. Pengelola perbekalan farmasi :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian meliputi pengelolaan sediaan farmasi, dan alat kesehatan.
  3. Distributor perbekalan farmasi :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian meliputi distribusi atau penyaluran perbekalan farmasi pada fasilitas PBF (Pedagang Besar Farmasi).
  4. Pelaksana produksi sediaan farmasi :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian meliputi perancangan, produksi dan penjaminan mutu pada fasilitas industri obat, industri bahan baku obat, industri obat tradisional, dan industri kosmetik.
  5. Pengawas peredaran sediaan farmasi :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian dalam pengawasan peredaran obat dan makanan di sarana produksi, penyaluran, dan pelayanan obat dan makanan.
  6. Pendidik :
    Seorang sarjana farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian sebagai seorang pendidik/akademisi/ educator bagi pasien, masyarakat, maupun tenaga kesehatan lainnya 
  7. Peneliti :
    Seorang farmasi yang menjalankan praktik kefarmasian sebagai seorang peneliti dalam penemuan dan pengembangan sediaan farmasi.
  8. Pharmapreneur :
    Seorang sarjana farmasi yang diharapkan dapat terjun menjadi wirausaha dalam mengembangkan kemandirian serta membantu mensejahterakan masyarakat.

Strategi Pencapaian VMTS

Tata kelola dan manajemen:

  1. Meningkatkan tata kelola PS dengan penyusunan SOP dan panduan sasaran mutu dan penerapan manajemen berbasis teknologi informasi
    Sarana Prasarana
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang PBM seperti sarana dan prasarana perkuliahan serta peralatan dan kemikalia laboratorium.
  3. Meningkatkan fasilitas informasi melalui penyediaan sistem informasi akademik, fasilitas internet melalui LAN dan WLAN (hotspot).

Pendidikan:

  1. Meningkatkan kualitas lulusan, dengan parameter IPK, waktu studi, dan waktu tunggu lulusan. Mempersiapkan pendirian program profesi apoteker (PSPA) untuk fasilitasi studi lanjut bagi lulusan.
  2. Meningkatkan kualitas input calon mahasiswa baik nasional maupun internasional
  3. Meningkatan pelaksanaan PBM yang berkualitas dan efisien serta pemanfaatan teknologi informasi dan sumber daya yang ada di PS secara cermat.
  4. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan pasar tenaga kerja, salah satunya melalui tracer study (penelusuran alumni).
  5. Melaksanakan kuliah tamu secara terjadwal dengan melibatkan pakar/praktisi skala nasional maupun internasional
  6. Mengembangkan aktivitas akademik internasional untuk mahasiswa, misalnya student exchange, workshop, student internship, dsb.
  7. Meningkatkan kerja sama dibidang pendidikan dengan instansi pemerintah dan swasta, baik dalam dan luar negeri.

Kemahasiswaan dan alumni:

  1. Mendorong kuantitas dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan kompetisi bidang minat dan penalaran baik nasional maupun internasional
  2. Mengembangkan kegiatan untuk meningkatkan hard-skill dan soft-skill yang mendukung dan melengkapi kemampuan akademik mahasiswa
  3. Membangun kerjasama strategis dengan alumni untuk menunjang kegiatan pendidikan

Sumber Daya Manusia:

  1. Meningkatkan kualifikasi pendidikan staf pengajar untuk melakukan studi lanjut ke jenjang S3, melalui beasiswa dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan bidang ilmu farmasi yang mendukung visi dan misi PS.
  2. Mengikutsertakan staf pengajar di dalam pelatihan, seminar, lokakarya dan kegiatan ilmiah lainnya, baik dalam skala nasional maupun internasional.
  3. Mengikutsertakan staf pengajar dalam pelatihan metode pembelajaran
    Penelitian dan Pengabdian masyarakat:
  4. Mendorong kuantitas dan partisipasi staf dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat
  5. Memperkuat penyelenggaraan seminar ilmiah, dimana yang sudah berjalan adalah kegiatan APC (Annual Pharmacy Conference) (http://info.apc.uns.ac.id/)
  6. Mengikutsertakan staf pengajar dalam workshop penulisan artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan mengajar serta penulisan dan publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.
  7. Mendorong upaya akreditasi Jurnal (JPSCR Journal of Pharmaceutical Sciences dan Clinical research) (https://jurnal.uns.ac.id/jpscr)
  8. Memperkuat Grup Riset Penelitian di PS
  9. Mendorong staf dosen untuk menghasilkan HaKI/paten

Tenaga Pendidik

Dr. Apt. A. Ainurofiq, S.Si., M.Si.

ahmadainurofiq@staff.uns.ac.id

Dr.rer.nat. Apt. Saptono H., S.Si., M.Si.

saptono.hadi@staff.uns.ac.id

Dr. Apt. Nestri H., S.Si., M.Si.

nestri_farmasi@staff.uns.ac.id

Apt. Rita R., S.Farm., M.Si.

ritarakhmawati@staff.uns.ac.id

Apt. Rasmaya N., S.Si., M.Farm.Klin.

rasmaya@staff.uns.ac.id

Dr. Dinar Sari CW., S.Farm., M.Si.

dinarsari_cw@staff.uns.ac.id

Estu Retnaningtyas N., S.TP., M.Si.

estu_rn@staff.uns.ac.id

Apt. Vinci M., S.Farm., M.Pharm.

mizranita@staff.uns.ac.id

Apt. Adi Yugatama, S.Farm., M.Sc.

adi.yugatama@staff.uns.ac.id

Apt. Fea P., S.Farm., M.Sc.

fea.prihapsara@staff.uns.ac.id

Apt. Yeni Farida, S.Farm., M.Sc.

yenifarida@staff.uns.ac.id

Apt. Syaiful C., S.Farm., M.Pharm.Sci.

syaifulchoiri@staff.uns.ac.id

Apt.Inayatush S.,S.Farm.,M.Clin.Pharm.

inayatush@staff.uns.ac.id

Apt. Novita DI., S.Farm., M.Clin.Pharm.

E-Mail Dosen

Apt. Tiara DSP., S.Farm., M.Clin.Pharm.

tiaradsp@staff.uns.ac.id

Anton Sudarwan, S.E.

Staff Administrasi S1 Farmasi

Siti Baroroh Zakiyatul Islah, A.Md.

Staf Laboran S1 Farmasi

Indah Ratnaningsih, A.Md.

Staf Laboran S1 Farmasi

Apt. Evie Yuliaswari, S.Farm.

Staf Laboran S1 Farmasi

Fasilitas

Ruang:

  1. Ruang Pengelola Administrasi
  2. Ruang Kepala Program Studi
  3. Ruang Kuliah
  4. Ruang Dosen
  5. Ruang Rapat
  6. Ruang Diskusi Mahasiswa
  7. Ruang Sidang

Laboratorium:

  1. Laboratorium Kimia Farmasi
  2. Laboratorium Biologi Farmasi
  3. Laboratorium Farmasetika dan Ilmu Resep
  4. Laboratorium Teknologi Farmasi
  5. Laboratorium Farmakologi
  6. Laboratorium Farmasi Klinik

Peralatan Canggih:

Produk berbasis minyak tamanu (Tamanu oil):

  1. Sabun Batang
  2. Emulgel Penutup Luka
  3. Sabun Cair
  4. Masker Peel-Off
  5. Shampoo
  6. Pomade
  7. Produk Handsanitizer
  8. Jamu

Kerjasama

  1. Kulliyyah of Pharmacy IIUM Malaysia
  2. Dinas Kesehatan Surakarta
  3. RS UNS
  4. RSUD Soehadi Prijonegoro
  5. RS PKU Muhammadiyah
  6. RSUD Dr. Moewardi
  7. PT. Kimia Farma Apotek
  8. PT. KFTD
  9. PT. IFARS
  10. LAFI AD
  11. PT. Phapros
  12. PT. Sampharindo Retroviral
  13. PT. Kalbe Farma
  14. PT. Dermavous
  15. PT. Neoalgae Indonesai
  16. UD Rachma Sari
  17. CV Naturafit Thibbunnabawi
  18. CV Attin

Testimoni

“Prodi Farmasi UNS walaupun terbilang cukup muda tapi ilmu-ilmu yang diajarkan sangat lengkap bahkan melebihi kampus lain. Pembelajaran dari dosen dari dasar dan dosen sangat Friendly terhadap mahasiswa sehingga ilmu yang disampaikan mudah terserap dan bisa menjadi acuan sampai dunia kerja. Terimakasih Farmasi UNS, tempat menempa ilmu terbaik saya. Semoga semakin sukses, maju dan besar manfaatnya untuk para pembelajar“

Anggun Nurus Sholikhah, S.Farm., Apt.

Alumni Angkatan 2014 Apoteker RSUD Gambiran Kota Kediri

“Berkuliah di Farmasi UNS merupakan pengalaman yang menyenangkan dan berharga bagi saya. Dosennya berkualitas, lulusan universitas terbaik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga menghasilkan kualitas yang baik pula untuk mahasiswanya. Dengan segala dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh Farmasi UNS, alhamdulillah saya berhasil mendapat beasiswa PMDSU 2021 oleh Ditjen DIKTI. Semoga Farmasi UNS ke depannya semakin berkembang dan maju, sukses selalu Farmasi UNS“

Qisty Aulia Khoiry, S.Farm., Apt.

Alumni Angkatan 2015 Awardee Beasiswa PMDSU DITJEN DIKTI 2021

Each element can be added and moved around within any page effortlessly. All the features you need are just one click away.

Alumni Tiga

Manager

Each element can be added and moved around within any page effortlessly. All the features you need are just one click away.

Alumni Empat

Manager

Kontak Kami

Website Resmi

Klik 'Kunjungi Website' untuk mengunjungi Website Resmi Program Studi S1 Farmasi Fakultas MIPA UNS

Sekretariat Program Studi

Gedung A Lantai 2
Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Surami No. 36A, Jebres, Surakarta 57126
Telepon:
E-mail:

Pendaftaran

Klik 'Kunjungi Website' untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru Program Studi S1 Farmasi Fakultas MIPA UNS