FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerjasama dengan Dicoding Indonesia. Penandatanganan naskah Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh kedua belah pihak pada hari Kamis (4/7/2024) bertempat di Ruang Pertemuan Dicoding Indonesia Bandung antara Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph,D dan Adrianus Yoza Aprilio selaku Senior Education Program Manager – Dicoding Indonesia.

Adapun tujuan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan serta memupuk hubungan kelembagaan, kemitraan, serta saling membantu antara para pihak dalam melaksanakan kegiatan peningkatan pendidikan. Penandatangan perjanjian kerjasama ini sejatinya adalah pengesahan dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kedua belah pihak sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini, sudah ada beberapa mahasiswa dari Fakultas MIPA utamanya dari Program Studi Fisika, Matematika, Statistika dan Ilmu Lingkungan telah mengikuti dan berpartisipasi pada kegiatan Bangkit Academy sejak tahun 2023 hingga 2024. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Adrianus Yoza Aprilio.

“Saya mengucapkan terimakasih karena mahasiswa Fakultas MIPA telah aktif dalam program Bangkit Akademy yang diselenggarakan oleh Dicoding. Semoga kedepan akan semakin banyak mahasiswa Fakultas MIPA yang terlibat. Dan kerjasama yang kita jalin akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ungkap Adrianus

Bangkit adalah program yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dirancang khusus oleh Google, serta didukung penuh oleh GoTo dan Traveloka yang saat ini memiliki dampak yang masif terhadap calon talenta digital di Indonesia. Program yang terafiliasi dengan Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat (SIB) ini diharapkan bisa terus memberikan dampak pada mahasiswa-mahasiswi di Indonesia.

Selama belajar di Bangkit, peserta akan mendapatkan pelatihan komprehensif mengenai salah satu dari tiga pilihan keahlian teknologi berorientasi karier, yaitu machine learning, mobile development, dan cloud computing. Bangkit setara dengan 20 SKS dan akan berlangsung secara daring selama 20 minggu atau lebih dari 900 jam belajar pada semester genap tahun 2024.

Sementara itu Dekan Fakultas MIPA juga berharap kerjasama dengan dicoding memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Utamanya bagi mahasiswa akan semakin mengenal dunia kerja dan bisa menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh di perguruan tinggi.

“Saya berharap dengan kerjasama yang terjalin, utamanya bagi mahasiswa akan dapat  mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada masa belajar atau kuliah.  Karena selama mengikuti program Bangkit di sini (dicoding) peserta mengerjakan proyek di akhir program yang dibimbing tim terbaik,” ungkap Drs. Harjana

Baik Harjana maupun Adrianus Yoza Aprilio berharap agar program Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat (SIB) bisa terus berjalan. Karena manfaatnya sangat dirasakan oleh dunia pendidikan dalam menyiapkan lulusannya untuk siap terjun di dunia kerja. [Humas Fakultas MIPA]