FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan lomba International Game Development Competition 2021 (IGDC 2021). Lomba ini terselenggara berkat kerjasama UNS dengan Himpunan Mahasiswa Informatika FMIPA (Himaster) sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-45 UNS. Adapun tema yang diusung pada tahun ini adalah “Bring Local Culture to the Future.”

IGDC tahun ini diikuti oleh 99 partisipan yang terdiri atas kontestan individual maupun kontestan kelompok. Mereka berasal dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Mesir (Cairo University), India (Raghu Engineering College), Taiwan (National Ilan University), dan Thailand (Bangkok University). Sementara dari Indonesia sendiri peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi diantaranya Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Lampung, Universitas Majalengka, Kalbis Institute, Telkom University, Universitas Airlangga, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Islam Kalimantan, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Negeri Semarang.

“Keberagaman asal kontestan dalam perlombaan ini menunjukkan tingginya minat generasi muda pada bidang teknologi informasi dan digital. Khusunya dalam hal pembuatan game.” ujar Dekan Dekan FMIPA, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D. ketika memberikan sambutan pada acara webinar pada hari Kamis (20/05/2021) secara daring.

Dekan juga berharap, perlombaan ini akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya demi mencetak generasi unggul dalam bidang teknologi informasi pada era digital seperti saat ini.

Sebagaimana disampaikan oleh panitia bahwa tujuan kegiatan ini adalah mendorong mahasiswa untuk menghasilkan karya dalam bidang teknologi dengan mengangkat kearifan lokal dan budaya. Memberi wadah bagi mahasiswa untuk unjuk kemampuan dan kreativitas mereka di bidang game development, membangun jejaring kerjasama dengan berbagai kampus nasional dan internasional, serta menggunakan momen Dies Natalis ke-45 UNS untuk melakukan branding dan positioning sebagai universitas kelas dunia.

Kompetisi IGDC 2021 ini telah melalui serangkaian kegiatan yang dimulai sejak pendaftaran, penjurian awal, hingga sampai pada penjurian akhir. Tahap penjurian akhir dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2021 betempat di Hotel UNS Inn, Surakarta. Dewan juri yang terlibat pada tahap penjurian akhir adalah Bambang Harjito (Kepala UPT. Teknologi Informasi dan Komputer UNS), Wiharto (Kepala Program Studi Informatika UNS), Rio Pahlevy Ridlo Yudha Bakti (Educa Studio),  Zulfikar Ega Sagata (Ruang Guru), dan Guinness Silvan Dega (atlit e-sport professional).

Pada penjurian akhir, telah ditetapkan tiga juara utama yaitu Umar Sani dari UNS (Juara 1) , Ahmad Sucipto dari UNS (Juara 2) dan Amin Hanif dari UNAIR (Juara 3). Sementara untuk juara favorit masing-masing adalah Sheren Saber Mousa (Cairo University) kategori Best Graphic & Animation), Abhyasa Danu Brata (UNS) kategori Best User Experience, Faizal Imami Utomo (Telkom University) kategori Best Gameplay, dan Muhammad Taufiq Shidiq (Telkom University) kategori Best Story Design. Pemenang lomba diumumkan pada akhir kegiatan webinar yang diselenggarakan pada hari Rabu (20/05/2021) secara daring.  [MnR/MIPA]