Dr. Sasmini, S.H., LL.M., Koordinator Bidang Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPPMP) UNS memberikan materi pada kegiatan FGD Penyusunan RPS dan Rubrik Penilaian di UNS Inn, Selasa (16/11/2021)

FMIPA UNS – Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari Selasa (16/11/2021) mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Penyusunan Rubrik Penilaian Pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Giripurna UNS Inn Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta.

Latar belakang pelaksanaan kegiatan yaitu mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dijelaskan bahwa RPS adalah perencanaan proses pembelajaran yang disusun untuk setiap mata kuliah dalam satu semester yang ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam suatu program studi. Setiap dosen yang akan melaksanakan kegiatan perkuliahan wajib menyusun RPS. Jika setiap dosen mempunyai perencanaan yang baik maka diharapkan tujuan pembelajaran juga akan tercapai dengan baik. Selain itu berdasarkan hasil Audit Mutu Internal (AMI) perlu adanya perbaikan RPS dan penambahan rubrik penilaian dalam RPS.

Sejumlah dosen Prodi Matematika FMIPA UNS serisu mengikuti kegiatan FGD Penyusunan RPS dan Penyusunan Rubrik Penilaian di UNS Inn, Selasa (16/11/2021)

Kegiatan mengundang pemateri yaitu Dr. Sasmini, S.H., LL.M., Koordinator Bidang Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPPMP) UNS dan juga Koordinator Bidang SPMI Fakultas Hukum UNS.

Kegiatan dihadiri oleh sejumlah Dosen Prodi Matematika FMIPA UNS. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meninjau ulang RPS lama, menyusun RPS sesuai dengan panduan RPS UNS dan menyusun rubrik penilaian untuk masing-masing metode pembelajaran.

Diharapkan kegiatan ini nantinya juga bisa mendukung IKU 002 yaitu meningkatkan persentase mahasiswa S1 yang menghabiskan paling tidak 20 sks di luar kampus atau meraih prestasi minimal tingkat nasional. [MnR/MIPA].