Belum Menjadi Mahasiswa Seutuhnya, Jika Belum Aktif Berorganisasi

0
322

 

Bidang kemahasiswaan dan Alumni FMIPA memberi apresiasi kepada organisasi himpunan program studi dan juga mahasiswa yang berprestasi dalam bentuk active award. Penghargaan diberikan bersamaan dengan berakhirnya masa bakti Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS periode tahun 2017. Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat (29/12/2017) bertempat di Aula Gedung C FMIPA dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si sekaligus berkenan membuka acara.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si memberikan apresiasi kepada Mahasiswa Berprestasi Tahun 2017

Dalam sambutannya, Prof. Sugiyarto mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara penganugerahan active award adalah untuk memberi apresiasi kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) yang atas jerih payahya membangun FMIPA menuju budaya active Universitas.

“Kita bangun bersama, kita kerja bersama dan kita apresiasi bersama.” ujar Prof. Sugiyarto.

Prof. Sugiyarto berharap apresiasi terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan HMP yang digagas bisa dibawa ketingkat universitas. Sehingga ke depan, ada pengharagaan untuk UKM dan HMP tingkat universitas. Kriteria penilaian HMP untuk active award tidak hanya banyaknya jumlah kegiatan yang dilaksanakan, namun juga tentang pengisian borang, sehingga diharapkan HMP juga terpacu untuk bisa tertib administrasi.

Adapun kategori pengharhaan Active Award disesuaikan dengan makna yang terkandung dalam singkatan ACTIVE yaitu Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship.

Penghargaan untuk kategori Achievement Orientation diraih oleh HIMAFIS (Himpunan Mahasiswa Fisika), Customer Satisfaction diraih oleh HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi), Teamwork diraih oleh HIMABIO (Himpunan Mahasiswa Biologi). Sementara untuk kategori Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship masing-masing diraih oleh HIMABIO, HIMAFIS dan EMAILKOM (Entitas Mahasiswa D3 Teknik Informatika). Dengan demikan HIMABIO keluarsebagai Juara Umum dan berhak atas Piala Bergilir wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Perlu diketahui bahwa pemenang masing-masing kategori berhak atas tropi dan uang yang diujudkan dalam bentuk kegiatan. Salah seorang mahasiswa yang aktif di HMP, Fikri ketika ditanya kesan mengikuti organisasi mengatakan belum menjadi mahasiswa seutuhnya jika belum aktif diorganisasi.

“Karena dalam organisasi kita mendapat banyak pembelajaran yang tidak kita peroleh dibangku kuliah,” ujarnya

Dalam kesempatan yang sama juga diberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa FMIPA yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Hal ini dikarenakan atas prestasinya telah membawa nama harum Fakultas dan Universitas sehingga layak diberi apresiasi. Ini adalah sebagai wujud terimakasih bidang kemahasiswaan atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dan diharapkan bisa memacu prestasi yang lebih baik ditahun mendatang.  [Mnr]