Statistika

A. PENDAHULUAN

Berdasarkan  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 419/E/O/2014 tertanggal 17 September 2014, Pemerintah Republik Indonesia memberikan mandat kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk membuka beberapa program studi baru. Salah satu program studi baru yang dibuka adalah Program Studi Statistika.

Adapun faktor yang mendorong dibukanya Program Studi Statistika FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu statistika, yang menunjang perkembangan teknologi serta sumber daya manusia yang potensial. Hal ini ditandai dengan fakta banyaknya permintaan sarjana dengan kualifikasi sarjana statistika atau dengan bidang minat statistika dalam berbagai bidang.

B. VISI, MISI, DAN TUJUAN

  1. Visi

Visi Prodi Statistika adalah menjadikan Program Studi Statistika sebagai pusat kajian dan pengembangan statistika serta penerapannya baik secara nasional maupun internasional dengan memberdayakan potensi lokal.

  1. Misi

Misi Prodi Statistika adalah

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan penelitian statistika, khususnya pada bidang industri dengan memberdayakan potensi lokal
  2. Meningkatkan tanggung jawab sosial dalam bentuk layanan kepada masyarakat dalam bidang jasa dan pendidikan statistika
  3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak lain dalam bidang statistika baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

C. TUJUAN

Tujuan pendidikan sarjana pada Program Studi Statistika adalah menghasilkan sarjana S1 Statistika yang mampu berpikir logis dan sistematis dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan, mampu berkomunikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan, mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, serta menerapkan  statistika untuk menyelesaikan masalah-masalah,  khususnya dalam bidang industri.

website : statistika.mipa.uns.ac.id