Program Studi Fisika

Program Studi Fisika FMIPA UNS didesain untuk membentuk sarjana yang menguasai perangkat keilmuan fisika dan teknik-teknik eksperimen/observasi.

Sambutan Kaprodi

Selamat datang di halaman web Program Studi S1 Fisika, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah  bereputasi internasional didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Universitas Sebelas Maret telah mencanangkan untuk menjadi World Class University (WCU). Pendirian Program Studi S1 Fisika akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Ilmu Fisika.

Hormat Kami,

Dr. Mohtar Yunianto, S.Si,M.Si.
Kepala Program Studi S1 Fisika FMIPA UNS

Gambaran Umum

Labkom-FIsika-3

Jurusan Fisika (sekarang Program Studi Fisika) berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada tahun 1996. Rintisan FMIPA dimulai sejak tahun 1982 dengan didukung oleh staf dosen berlatar pendidikan MIPA yang ditempatkan di Fakultas Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran dan Pertanian. Cikal bakal FMIPA adalah Program Studi Matematika, yang saat itu bernaung di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan berdasarkan SK DIRJEN DIKTI, tertanggal 26 Januari 1989, Nomor 206/D2/1989. FMIPA UNS didirikan berdasarkan Surat Keputusan Disusul SK Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996, No. 0297/O/1996, terdiri atas Jurusan Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Karena kinerjanya semakin baik, maka pada tahun 2009 Program Studi Fisika mendapat status Terakreditasi A (Surat Keputusan BANPT No. 001/BAN-PT/AkXII/S1/III/2009) dan telah melakukan reakreditasi pada tahun 2014 (SK BANPT No.468/SK/BANPT/Akred/S/XII/2014) dan tahun 2019 (SK BANPT No. 3054/SK/BANPT/Akred/S/VIII/2019) masih mendapatkan status akreditasi A.

Keunggulan dan Spesifikasi

Untuk menjadi sarjana fisika yang kompeten maka perkuliahan di Program Studi Fisika didesain untuk membentuk sarjana yang menguasai perangkat keilmuan fisika dan teknik-teknik eksperimen/observasi. Sekitar pertengahan awal waktu kuliah mahasiswa akan diarahkan untuk memahami perangkat utama keilmuan fisika (deskripsi kedaan dan interaksi) dan juga teknik-teknik experimental yang terkait dan dilanjutkan dengan kajian keilmuan dasar yang antara lain meliputi struktur materi, sistem alam dan gejala alam. Dengan bekal keilmuan seperti tersebut di atas, pada bagian akhir studinya, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan bahan kajian fisikanya sesuai dengan bidang keminatan yang dikembangkan di Program Studi yaitu Fisika Teori & Komputasi, Fisika Material, Geofisika, Akustik, Elektronika & Instrumentasi, dan Fisika Medis.

Akreditasi

Visi

Menjadi pusat pembelajaran, pengkajian, pengembangan matematika dan penerapannya yang unggul pada tingkat internasional dengan berlandaskan pada pilar falsafah ilmu pengetahuan.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran fisika dengan standar internasional
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang fisika dengan standar internasional
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasiskan hasil pembelajaran dan penelitian bidang fisika.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang:
    • Menguasai konsep teoritis bidang Fisika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang keminatan fisika secara mendalam
    • Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
    • Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu fisika dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk penelitian serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
    • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok
    • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
    • Mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan pembelajaran
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas internasional untuk kepentingan nasional.
  3. Mendesiminasikan hasil pendidikan, pengajaran dan penelitian pada masyrakat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

Strategi Pencapaian VMTS

  1. Meningkatkan tingkat kepatuhan dosen dalam melaksanakan SOP PBM 80%
  2. Mendorong dosen mengikuti program peningkatan ketrampilan yang berkaitan dengan PB
  3. Mewajibkan dosen untuk mematuhi SOP memanfaatkan media e-learning
  4. Mengaktifkan mahasiswa dalam kompetisi/kreativitas ilmiah ditingkat nasional dan internasional
  5. Meningkatkan persentase tenaga pengajar bergelar doktor hingga 80%
  6. Mewajibkan dosen untuk publikasi ilmiah di Jurnal internasional minimal satu publikasi/tahun
  7. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian kerjasama dengan industri/instansi nasional dan internasional.
  8. Meningkatkan kualitas kerjasama dengan stakeholder untuk meminta masukan mengenai relevansi kurikulum dengan dunia kerja dan kualitas produk pengabdian yang dihasilkan program studi Fisika

Dosen & Staff

Kerjasama

Scroll to Top