Keunggulan dan Spesifikasi Program Studi Doktor Biologi

Program Studi Doktor Biologi FMIPA UNS mengembangkan ilmu dasar dan terapan dengan memfokuskan pada pengembangan bioproduk dari kekayaan sumber daya alam Indonesia. Lulusannya diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional dan  internasional. Kurikulum prodi diarahkan untuk membekali mahasiswa dalam mengelola Sumber Daya Alam hayati untuk menghasilkan bioproduk dari sumber hayati, baik di tingkat molekuler, sel, jaringan, individu, spesies, populasi, ataupun ekosistem, dengan kajian interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner.

Visi Keilmuan 

“Menjadi institusi yang unggul dalam pengembangan ilmu, teknologi, dan inovasi di tingkat internasional dan terdepan dalam bidang Bioproduk”

Visi ini sejalan dengan visi program studi Biologi FMIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam bidang biologi yang berdaya saing pada tingkat nasional dan internasional  dan visi Fakultas MIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan  yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional; serta selaras dengan visi UNS yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan doktor biologi yang memiliki integritas serta menguasai pengetahuan dan ketrampilan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengarah pada pengembangan ilmu dan teknologi, dan inovasi baru di bidang Bioproduk.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis pemberdayaan di bidang Bioproduk

Tujuan 

Tujuan Program Studi Doktor Biologi FMIPA UNS adalah menyelenggarakan program pendidikan S-3 melalui serangkaian proses pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang mengacu pada  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang antara lain:

  1. Menghasilkan doktor yang memiliki penguasaan filosofi keilmuwan biologi berintegritas tinggi, profesional, kreatif, dan inovatif di bidang bioproduk.
  2. Menghasilkan karya-karya inovatif dan berkualitas yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Bioproduk.
  3. Mewujudkan lembaga pendidikan dan penelitian yang berperan sebagai pusat  rujukan ilmu dan teknologi di bidang Bioproduk.
  4. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran, serta penelitian di bidang Bioproduk kepada masyarakat, sehingga terjadi transformasi terus menerus untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Strategi pencapaian VMTS :

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan P2M dosen agar dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik.
  2. Peningkatan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar yang berkualitas dan efisien serta pemanfaatan sumber daya yang ada di Program Studi secara hemat dan bertanggungjawab.
  3. Peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain untuk peningkatan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan kerja sama pendidikan, penelitianm dan P2M dengan instansi pemerintah dan swasta, baik dalam dan luar negeri.
  5. Mengikutsertakan staf dosen dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi ilmiah terutama yang siap dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional maupun terindeks internasional.