PROGRAM STUDI S3 FISIKA

FAKULTAS MIPA UNS

PROGRAM STUDI S3 FISIKA

Selamat datang di halaman web Program Studi S3 Fisika, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suatu penghargaan bagi kami, atas kunjungan Anda di halaman ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang, menuntut peran para ilmuwan dan peneliti untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademisi yang memadai. Kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan karya ilmiah  bereputasi internasional  didukung sumber daya manusia (SDM) unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai.

Universitas Sebelas Maret telah mencanangkan untuk menjadi World Class University (WCU). Pendirian Program Studi S3 Fisika akan mendukung tercapainya tujuan tersebut. Harapan ke depan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta berperan dalam penelitian, pengembangan teknologi yang bermanfaat pada berbagai bidang pengetahuan khususnya Ilmu Fisika.

Hormat Kami,

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.
Kepala Program Studi S3 Fisika FMIPA UNS

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.

Kepala Program Studi S3 Fisika Fakultas MIPA UNS

Gambaran Umum

Program Studi S3 Fisika berdiri berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 31/KPT/I/2018 pada tanggal 10 Januari 2018. Program Studi S3 Fisika mengembangkan disiplin keilmuan berbasis pada pengembangan keilmuan dan terapannya serta didukung oleh staff pengajar yang berkualifikasi S3 dari dalam negeri dan luar negeri.

Program Studi S3 Fisika mengembangkan disiplin keilmuan berbasis pada pengembangan keilmuan dan terapannya. Prodi S3 Fisika didukung oleh staff pengajar yang berkualifikasi S3 dari dalam negeri: 3 dari UGM dan 1 dari UI, maupun luar negeri: 3 dari USA, 1 dari Australia, 2 dari UK, 1 dari Taiwan, 4 dari Jepang. Cakupan bidang kajian ini meliputi: (1) Fisika Teori dan Partikel, (2) Fisika Material Elektronik, dan (3) Fisika Material Fotonik dengan didukung fasilitas Laboratorium yang sangat memadai meliputi: XRD, SEM, UV-VIS, dll.

Hasil publikasi yang dihasilkan oleh staff pengajar PS S3 Fisika dalam kurun 3 tahun terakhir yaitu berupa jurnal maupun prosiding yang berindeks scopus lebih dari 100 artikel dan non scopus lebih dari 200 artikel. Salah satu staff pengajar memperoleh penghargaan Sinta Award pering pertama untuk kategori perguruan tinggi BLU pada tahun 2018 dan PS S3 Fisika menduduki peringkat tertinggi penyumbang scopus UNS dalam 3 tahun terakhir. Disamping itu PS ini telah menghasilkan 4 hak paten dalam bidang material dan optik.

Keunggulan dan Spesifikasi

Untuk mendukung kegiatan dalam proses pembelajaran PS S3 Fisika mengadopsi kurikulum yang berbasis KKNI yang meliputi 4 komponen: sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus. Berdasarkan Kepmen No.045-U-2002 tentang kurikulum Inti yang dijadikan pedoman dalam penyusunan borang BAN-PT maka PS membagi 4 komponen tersebut menjadi kompetensi utama, pendamping, dan pendamping lainnya. Oleh karena itu PS memberikan layanan mata kuliah ilmu-ilmu dasar yang mencakup Fisika Matematika, Elektrodinamika 1 dan 2, Fisika Kuantum 1 dan 2, serta Fisika Statistik sebagai prasyarat dasar di dalam pengembangan ilmu fisika teori: relativitas kuantum, medan kuantum, high energy physics, dan terapan meliputi material elektronik, material fotonik, material magnetik, semi konduktor.

Akreditasi

Visi

“Unggul dalam pengembangan ilmu-ilmu fisika dan aplikasinya di tingkat internasional di tahun 2035 ”

Misi dan Tujuan

Misi:

Tujuan:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis pada hasil penelitian
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorentasi pada pengembangan keilmuan fisika
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis pada hasil penelitian yang bersifat aplikatif
  1. Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir kritis terhadap fenomena alam
  2. Menghasilkan seorang peneliti yang inovatif dan jujur
  3. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyaraka

Profil Lulusan

Dosen/Pendidik

Peneliti

Tenaga Ahli

Konsultan

Strategi Pencapaian VMTS

Strategi yang dikembangkan berbasis pada hasil kajian data yang ada dari semua aktivitas yang dilakukan warga kampus di lingkungan fakultas, menunjukan hasil penelitian dosen dan mahasiswa mampu menembus tingkat internasional. Oleh karena itu jabaran Misi dan Tujuan tersebut didasarkan pada:

  1. Mendorong dosen yang berkualifikasi S2 untuk studi lanjut ke S3, hal ini seiring dengan kebijakan Rektor untuk memberikan dana bantuan penelitian untuk Disertasi bagi dosen UNS yang sedang studi lanjut di Pascasarjana dan Fakultas UNS Ada 22 dosen yang sedang studi lanjut ke jenjang S3 baik di luar negeri 5 orang maupun dalam negeri 17 orang diharapkan 2-3 tahun kedepan mampu menaikan jumlah dosen berkulifikasi S3 dari 77 (55%) menjadi 98 (70%). Kenaikan jumlah dosen berkualifikasi S3 memberikan layanan tridharma PT yang berkulitas.
  2. Mendorong dosen S3 yang sudah berpangkat lektor kepala untuk naik pangkat ke jenjang guru besar yang (GB) hal ini didukung oleh program universitas melalui LPPM memberikan dana penelitian khusus untuk percepatan guru besar dengan sistem pendampingan dari dosen yang sudah berstatus GB. Bertambahnya jumlah guru besar diharapkan berkorelasi hasil penelitian tidak hanya dari segi jumlah tapi juga kualitas yang bisa dihilirisasi.
  3. Bagi dosen yang mendapatkan hibah penelitian baik dari hibah PNBP, Dikti, dan Hibah penelitian dari sumber lain diwajibkan melibatkan mahasiwa berdasarkan kebijakan dari LPPM yang tertuang dalam buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi ke VIII, Tahun 2021, dalam ketentuan umum minimal melibatkan 2 mahasiswa. Dengan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian diharapkan mempercepat kelulusan dan mempunyai keterampilan sebagai seorang peneliti.
  4. Pembenahan sarana laboratorium pembelajaran dan penelitian perlu ditingkatan khususnya lab penelitian yang terakreditasi KAN. Lab Terpadu MIPA sudah mempunyai lab kalibrasi dan lab uji sehingga perlu adanya penambahan parameter.
  5. Sosialisasi yang berkelanjutan via media elektronik keberadaan PS dan prestasi yang telah dicapai untuk mendapatkan peminat/daya tarik calon mahasiswa.
  6. Pendampingan buat mahasiswa yang berhasil mendapat PKM/kewirausahaan secara inten PS S3 Fisika yang dapat dikatakan relatif masih baru tidak berarti mulai dari nol dalam hal persiapan yang terkait dengan SDM, sarana dan prasarana, dan tata kelola yang terkait dengan sistem pembelajarannya. Jurusan Fisika memiliki 23 tenaga pendidik baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan PS S3. Dengan terakreditasinya PS S1 dan S2 ilmu fisika, yang keduanya terakreditasi A dari BAN-PT memberikan kekuatan/pengalaman tersediri didalam pengelolahan PS S3 Fisika. Oleh karena itu didasarkan pada VMTS Fakultas, PS telah merumuskan.

Tenaga Pendidik

Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D.

cari@staff.uns.ac.id

Prof. Ir. Ari Handono R., M.Sc.(Hons)., Ph.D.

aramelan@staff.uns.ac.id

Prof. Dra. Soeparmi, M.A., Ph.D.

soeparmi@staff.uns.ac.id

Prof. Dr. Eng. Budi Purnama, S.Si., M.Si.

budipurnama@staff.uns.ac.id

Prof. Nuryani, S.Si., M.Si., Ph.D.

nuryani_fmipa@staff.uns.ac.id

Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D.

harjana@staff.uns.ac.id

Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D.

ahmadmarzuki@staff.uns.ac.id

Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si.

agusf22@staff.uns.ac.id

Dr. Yofentina Iriani, S.Si., M.Si.

yofent_iriani@staff.uns.ac.id

Dr. Eng. Risa Suryana, S.Si., M.Si.

rsuryana@staff.uns.ac.id

Tri Winarni, A.Md.

Staf Administrasi S3 Fisika

Moh. Taufiqurrahman, A.Md.

Staf Administrasi S3 Fisika

Fasilitas

Ruang:

  1. Ruang Pengelola Administrasi
  2. Ruang Kepala Program Studi
  3. Ruang Kuliah
  4. Ruang Dosen
  5. Ruang Rapat
  6. Ruang Diskusi Mahasiswa
  7. Ruang Sidang

Laboratorium:

  1. Laboratorium Material
  2. Laboratorium Akustik
  3. Laboratorium Geofisika
  4. Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi
  5. Laboratorium Optik
  6. Laboratorium Komputasi
  7. Laboratorium MIPA Terpadu
  8. Laboratorium Terpadu UNS

Peralatan Canggih:

  1. X-ray Diffraction (XRD)
  2. X-Ray Fluoresence (XRF)
  3. Scanning Electron Microscope (SEM)
  4. UV-Vis
  5. Fourier Transformed Infrared (FTIR)
  6. Atomic Force Microscopy (AFM)

Kerjasama

Pendidikan

Pengabdian Masyarakat

Penelitian

  1. Universitas at Albany
  2. The College at New Paltz
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Institut Teknologi Bandung
  5. Universitas Gadjah Mada
  6. Universitas Brawijaya
  7. Physics Department, Sharood University of Technology Iran
  8. Institute For Integrated Enginering UTHM
  9. Universitas Negeri Semarang
  10. Universitas Diponegoro
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  1. PCM Muhammadiyah Blimbing Bekonang Sukoharjo
  2. PT DI Bandung
  3. Pemda Karanganyar
  4. Yayasan Muhamdiyah Bekonang Sukoharja (PKM – Mitra)
  5. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

1. LPFK Surakarta
2. Universete du Littoral Cote De Opal France
3. Nagoya University Japan
4. Institute For Integrated Enginering UTHM
5. Universiti Kebangsaan Malaysia
6. Universitas Indonesia
7. Universitas Gadjah Mada
8. Pusat Sains & Teknologi Bahan Maju BATAN
9. Universitas Tun Husein Onn Malaysia
10. Thor Con
11. BATAN
12. Pengembangan Teknologi Pedesaan Solo
13. RSUD Sragen
14. RS UNS
15. Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik
16. Fakultas MIPA USU
17. PT Dirgantara Indonesia
18. Fakultas MIPA UNRI
19. Akademi Angkatan Udara
20. PT Kimia Farma
21. Naturafit Herba
22. RS PKU Surakarta
23. Lembaga Farmasi Puske TNI AD
24. PT Phapros
25. Hottinger Bruel&Kjaer Denmark
26. RSUD Banten

Testimoni

During my study at the UNS Physics Doctoral Program, I was able to increase the exposure, strategies in research methodologies, and the management of research groups so that they continue to grow and to regenerate the young scientists."

Suci Faniandari

Mahasiswa S3 Fisika

Prodi S3 Fisika memberi pelajaran tentang pentingnya kemandirian, kerja keras, dan kerjasama. Suasana perkuliahan yang menyenangkan dengan fasilitas yang sangat memadai membuat sesuatu yang rumit menjadi mudah dipahami."

Budi Legowo

Mahasiswa S3 Fisika

Bagi saya, Perkuliahan S3 di fisika memberikan banyak pengetahuan baru. Kurikulum yang berkembang sesuai dengan perkembangan keilmuan, didukung dengan praktikum dengan fasilitas memadai untuk standar mahasiswa S3."

Mohtar Yunianto

Mahasiswa S3 Fisika

Prodi S3 Fisika menerapkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan keilmuan saat ini serta laboratorium yang memadai. Sehingga kami mengirimkan dosen prodi kami untuk melanjutkan studi di S3 Fisika."

Agus Supriyanto

Stakeholder

Kontak Kami

Website Resmi

Klik 'Kunjungi Website' untuk mengunjungi Website Resmi Program Studi S3 Fisika Fakultas MIPA UNS

Sekretariat Program Studi

Gedung B Lantai 2
Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Surami No. 36A, Jebres, Surakarta 57126 Telepon: (0271) 669376 / Fax. (0271) 663375
E-mail: info@mipa.uns.c.id

Pendaftaran

Klik 'Kunjungi Website' untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru Program Studi S3 Fisika Fakultas MIPA UNS