Biologi

A. PENDAHULUAN
Jurusan Biologi merupakan salah satu jurusan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Sebelas Maret Surakarta. FMIPA didirikan berdasarkan SK Mendikbud No. 0297/0/1996 tanggal 1 Oktober 1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 oleh Rektor UNS atas nama Mendikbud RI. Jurusan Biologi mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 1997/1998 dan sejak tahun 2004, jurusan Biologi FMIPA UNS mendapatkan Akreditasi peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional, berdasarkan SK No:021/BAN_PT/Ak-VII/S1/VI/2004. Kemudian sejak tahun 2010 berhasil mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional, berdasarkan SK No.021/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010.

Pendidikan Tinggi Biologi pada Universitas Sebelas Maret didirikan dengan pertimbangan bahwa Indonesia kaya keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna. Untuk itu perlu jurusan Biologi sebagai wadah pengembangan ilmu Hayati yang selanjutnya menjadi pijakan bagi pengembangan ilmu-ilmu terapan.

Lulusan Jurusan Biologi dapat terserap di berbagai lapangan pekerjaan antara lain di bidang pendidikan, penelitian, dan industri yang berbasis biologi, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, kedokteran, kesehatan, farmasi, lingkungan, konservasi dan lain-lain ataupun di luar bidang biologi seperti perbankan, HANKAM.

B. VISI DAN MISI
Visi dibangunnya Jurusan Biologi FMIPA UNS adalah untuk Menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam bidang biologi yang berdaya saing pada tingkat nasional maupun internasional.
Misi pendidikan tinggi biologi ini adalah untuk:
1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Biologi yang mendorong pengembangan diri dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada pengembangan bioproduk.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

C. TUJUAN
1. Menciptakan lingkungan yang mendorong setiap sivitas akademika untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimal
2. Menghasilkan sarjana biologi yang memiliki integritas, kemandirian, kepribadian, dan tanggap terhadap kemajuan serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Menghasilkan penelitian biologi yang bermanfaat bagi pengembangan bioproduk berupa biomateri, bioenergi, dan bioinformasi. (catatan : bisa bermanfaat untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat).
4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian dan kerjasama dalam bidang biologi dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri baik nasional maupun internasional.
5. Menjadikan Jurusan Biologi FMIPA UNS yang terkemuka di tingkat internasional pada tahun 2025.

webiste : http://biology.mipa.uns.ac.id