FMIPA UNS – Dewan Perwakilan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta (FMIPA UNS) menyelenggarakan Bukan Bincang Biasa pada hari Senin (12/10/2020) secara luring dan daring. Kegiatan ini melibatkan perwakilan mahasiswa dari unsur Himpunan Mahasiswa Prodi, Unit Kegiatan Mahasiswa dan juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA.
Menurut ketua DEMA FMIPA, Bagus Indra Suwaji, kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk penyampaian aspirasi dari mahasiswa dalam bentuk saran, kritik dan masukan terkait kebijakan kampus demi kebaikan dan kemajuan bersama.
“saya berharap seluruh perwakian mahasiswa yang hadir bisa aktif sehingga mendapatkana hasil dan masukan terbaik sebagaimana harapan kita bersama, menuju fakultas yang unggul dan berintegritas†ujar Bagus Indra
Dekan mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh DEMA, dan berharap bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi sehingga menjadikan prestasi fakultas yang semakin baik.
“kami berharap dari kegiatan ini bisa dihasilkan solusi dari permasalahan yang dihadapi, tidak hanya menjadi unek-unek saja,†ujar Dekan FMIPA Drs. Harjana, M.Si., M.Sc. Ph.D
Sebelum diadakan acara ini, telah disebar kuisioner kepada perwakilan mahasiswa. Kuisioner yang disebar meliputi fasilitas pendidikan, fasilitas outdoor dan indoor serta birokrasi pelayanan. Dari kuisioner ini diharapkan menjadi salah satu bahan pertimbangan pimpinan untuk menentukan kebijakan terkait program fakultas ke depan.
Dari apa yang disampaikan oleh ketua DEMA, ada beberapa kebijakan fakultas yang sudah bisa dipenuhi diantaranya adalah penambahan ruang publik, perluasan jaringan wifi dan juga pengadaan fasilitas olah raga berupa lapangan basket dan futsal. Meski ada tuntutan mahasiswa yang belum terpenuhi, hal ini dikarenakan terkait dengan kebijakan pusat.
Terkai dengan pelayanan birokrasi, secara umum sudah sangat baik.
Dari beberapa kuisioner yang yang disebar ke mahasiswa terkait dengan pelayanan subbagian kemahasiswaan dan akademik menunjukan kepuasan responden. Sebanyak 84,4 persen merasa puas, sedanghkan sisanya belum. Menurut responden, pelayanan pada subbag kemahasiswaan dan alumni sudah baik dalam membantu mahasiswa. Arahan cukup jelas dan prosesnya cepat, karyawan juga komunikatif dan professional.
Sedangkan pada subbag akademik sebanyak 91,9 persen responden merasa puas. Menurut mahasiswa, pelayanan pada subbagian akademik sudah baik. Pegawai sangat ramah, informatif, responsife dan juga solutif dalam menanggapi permasalahan akademik. [MnR/MIPA]