FMIPA UNS – Drummer Indonesian Idol, Echa Soemantri membagikan pengalamannya seputar kunci menjadi mahasiswa yang bermanfaat, baik bagi lingkungan pergaulan, keluarga, maupun masyarakat dalam penutupan rangkaian acara Campsoteria FMIPA UNS 2020. Acara ini diselenggarakan oleh Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari Minggu (22/11/2020).

Dalam acara yang digelar secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan luring di GTC (Gamaliel Traning Center), Echa Soemantri mengatakan mahasiswa harus punya tanggung jawab moral untuk membawa dampak yang baik bagi lingkungan sekitar. Hal itu ia ungkapkan sebab setiap mahasiswa dilahirkan dengan bakat dan talenta yang unik.

“Kita ini tidak diciptakan sebagai makhluk yang egois. Karena kita harus bekerja bersama-sama. Tuhan tidak menciptakan kita tanpa alasan,” ujar Echa Soemantri.

Menurut Echa, ada tiga prinsip yang harus dipegang mahasiswa agar dapat menjadi pribadi yang bermanfaat. Pertama, setiap mahasiswa tanpa terkecuali harus menciptakan sebuah tujuan yang indah dan spesifik.

Kedua, mahasiswa harus menumbuhkan rasa cinta dalam setiap kegiatan yang dilakukannya agar muncul keinginan untuk mau dilibatkan dan dipakai. Dan, yang ketiga adalah mahasiswa Kristen hidupnya harus berdampak dengan niat untuk banyak belajar, berkarya, berkolaborasi, dan melayani.

Echa Soemantri yang juga drummer dari Rosa, Tompi, dan mendiang Glenn Fredly ini menceritakan ada sejumlah tantangan dan hambatan dalam menjaga ketiga prinsip hidup di atas selama berkarir di dunia hiburan.

“Ada tantangan dimana kita ini belum sungguh-sungguh dalam melayani, belum mau hidup sesuai prinsip yang benar, masih malas, banyak alasan, suka menunda pekerjaan, dan mudah ragu,” lanjutnya.

Menurut Clarisa Ivanka salah satu panitia Campsoteria FMIPA 2020 ketika dihubungi secara terpisah melalui pesan singkat, menerangkan jika acara Campsoteria FMIPA UNS 2020 digelar untuk menyambut bergabungnya mahasiswa baru Kristen di FMIPA UNS.

Dengan mengusung tema Soul (Salvation Over Ur Limit), PMK FMIPA UNS menitipkan pesan dalam acara ini, mahasiswa baru yang sudah bergabung dengan FMIPA UNS agar dapat bersyukur dan membangun lingkungan rohani yang baik.

“Harapan dari acara ini ke mahasiswa supaya semangat mengerti kehadiran Tuhan di dalam hidupnya dan bersyukur atas cinta-Nya karena sudah diterima dan menjadi bagian FMIPA UNS,” ujar Clarisa Ivanka. [MnR/MIPA]